Pemilu 2024

Indeks Kerawanan Pemilu Jadi Fokus Bawaslu Pada Tahapan Pemilu 2024 !

Selain data yang detil, Lolly melihat Puslitbangdiklat Bawaslu perlu menemukan formula yang terbaru untuk mengukur data IKP.

Bawaslu.go.id
Kegiatan Bawaslu RI di pusdiklatbandiklat pada minggu 4 September 2022, dengan agenda membahas terkait Indeks Kerawanan Pemilu dalam menghadapi Pemilu 2024. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dalam penyusunan Redesain Konstruksi Indeks Kerawanan Pemilu ( IKP ), Anggota Bawaslu Lolly Suhenty berharap Pusat Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan ( Puslitbangdiklat ) Bawaslu bisa meningkatkan tingkat validitas data IKP.

Untuk diketahui, Puslitbangdiklat bawaslu tengah merencanakan pembaharuan dalam menentukan dimensi temporal, unit analisa, dan tingkat pengukuran IKP.

"Validitasnya katakan lah 99 persen," terangnya saat membuka Diskusi Kelompok Terpumpun Puslitbangdiklat Bawaslu di Jakarta, pada Minggu 4 September 2022.

Selain data yang detil, Lolly melihat Puslitbangdiklat Bawaslu perlu menemukan formula yang terbaru untuk mengukur data IKP.

"Semakin detail ukurannya maka akan semakin baik," ujarnya.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat ini pun menegaskan, IKP harus diperbaharui dan diperkaya dari berbagai sudut pandang analisa.

"Salah satunya adalah perspektif menjangkau perempuan karena didalam seluruh kerentangan perempuan selalu ada," tegasnya.

Tahapan Pemilu 2024, Puan Maharani Bertemu Prabowo Bawa Pesan Politik Dari Megawati Soekarnoputri

Selama proses penyusunan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) sejak tahun 2014-2020, Bawaslu telah berhasil menjalankan fungsi pencegahan yang baik. Fungsi IKP adalah sebagai early warning system (sistem peringatan/deteksi dini).

"Jangan sampai ketika data ditarik data ini bias, maka semakin mendekatkan pada unit terdekat masyarakat menjadi penting," pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, IKP telah disusun sejak tahun 2014. Pada perjalanannya, IKP terus mengalami pembaruan setiap ada penyelenggaraan Pemilu yaitu tahun 2015, 2017, 2018, 2019 dan 2020.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved