Pola Hidup Sehat

10 Asupan Bergizi yang Aman Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Tak hanya itu, mengonsumsi telur juga dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik)

TRIBUNPONTIANAK- INSTAGRAM
Beragam jenis makanan yang baik untuk menurunkan asam lambung 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Penderita diabetes umumnya memiliki banyak pantangan makanan lantaran beberapa makanan disebut bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Oleh karena itu, penderita diabetes sebaiknya memperhatikan makanan apa saja yang aman dikonsumsi.

Diabetes adalah penyakit metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dan disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein.

Penderita diabetes memang wajib membatasi asupan gula, tapi bukan berarti tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung gula sama sekali.

Lantas, makanan apa saja yang aman dikonsumsi penderita diabetes?

4 Makanan Pengganti Nasi Khusus Penderita Diabetes, Rendah Kadar Gula

Makanan yang aman untuk penderita diabetes

Berikut makanan yang aman untuk penderita diabetes:

1. Kacang

Menurut Eating Well, kacang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Makanan ini bisa menjadi sumber karbohidrat bagi penderita diabetes.

Penelitian di Kanada menunjukkan, orang yang mengonsumsi secangkir atau lebih kacang setiap hari memiliki kadar gula darah yang lebih baik dari pada mereka yang jarang mengonsumsi kacang.

Selain itu, kacang juga kaya akan serat dan protein sehingga mampu membantu penderita diabetes merasa kenyang lebih lama.

2. Oatmeal

Biji-bijian utuh, seperti gandum dan oatmeal juga aman dikonsumsi penderita diabetes. Makanan ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Umumnya Ciri Diabetes Bisa Dilihat dari 12 Hal Ini, Waspada Mulut Kering dan Mudah Lapar

3. Ikan berlemak

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved