Lokal Populer

Vaksin Pertama Covid 19 Kota Pontianak Capai Angka 84,9 Persen Dari Target 457.581 Jiwa

Covid-19 di Kota Pontianak, disebutkan oleh Saptiko, sebulan lalu sempat terjadi sedikit lonjakan penularan Covid-19 di Kota Pontianak

TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD LUTHFI
Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Aula Fakultas Teknik UNTAN pada tanggal 14 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Vaksinasi pertama Covid-19 di Kota Pontianak, per tanggal 1 September 2023. sudah mencapai di angka 84,9 persen dari cakupan target 457.581 jiwa.

Vaksinasi kedua 74, 12 persen, booster pertama 33,38 persen, dan booster kedua untuk nakes (Tenaga Kesehatan) 9,38 persen.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, dr. Saptiko.

“Untuk vaksinasi Covid di Kota Pontianak sampai hari kemarin untuk vaksinasi pertama 84,9 persen dari cakupan target 457.591 jiwa,” ujarnya, Jumat, 2 September 2022.

Vaksin Moderna Tidak Ada Lagi, Booster Kedua Nakes Gunakan Vaksin Pfizer

“Vaksin kedua 74,12 persen kemudian di booster pertama 33,38 persen dan booster kedua untuk nakes 9,38 persen,” sambungnya.

Sementara untuk perkembangan Covid-19 di Kota Pontianak, disebutkan oleh Saptiko, sebulan lalu sempat terjadi sedikit lonjakan penularan Covid-19 di Kota Pontianak.

Kendati demikian, mulai dua minggu belakangan kasus penularan Covid-19 di Kota Pontianak sudah mulai kembali melandai.

“Sehingga data kita, pertumbuhannya tidak banyak. Setiap hari mungkin bertambah tidak hampir 10 orang kebawah, kecil,” bebernya.

Lanjut Saptiko, hingga saat ini pasien kasus aktif Covid-19 yang melakukan perawatan isolasi mandiri di Kota Pontianak berjumlah 55 orang.

“Sampai sekarang, yang masih melakukan perawatan isolasi mandiri di rumah adalah sejumlah 55 orang. Sampai kemarin tambahannya ada 6 orang,” katanya.

Walaupun kasus aktif di Kota Pontianak terus melandai. Penggunaan prokes (Protokol Kesehatan) saat beraktivitas tentunya masih sangat penting diterapkan.

Oleh karenanya, Saptiko mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi prokes, terlebih saat melakukan aktivitas di dalam ruangan tertutup.

“Diharapkan masyarakat tetap melakukan prokes, terutama penggunaan masker ini diharapjab terus dilaksanakan, terutama di ruang tertutup dan tempat umum,” imbaunya.

Vaksinasi Booster

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, Henry Alpius menerangkan saat ini vaksinasi booster kedua (vaksin ke-4) khusus tenaga kesehatan (nakes) sudah mulai dilaksanakan. Total ada 900 nakes yang akan terima vaksin, Rabu 31 Agustus 2022.

Alokasi Vaksin PMK Untuk Kalbar Dari Pemerintah Pusat Sebanyak 63.900 Dosis

Dijelaskan Henry, vaksin Booster kedua itu hanya dikhususkan bagi tenaga kesehatan. Sementara untuk masyarakat umum diwajibkan hingga vaksin Booster pertama (vaksin ke-3) saja.

"Berdasarkan hasil penelitian serologi, apabila orang divaksin, 6 bulan terjadi penurunan, maka perlu dipacu lagi. Maka sekarang vaksin 4 (Booster Kedua) diwajibkan bagi tenaga kesehatan. Vaksin ketiga wajib untuk masyarakat umum, " jelasnya.

Henry menuturkan sesuai target, vaksinasi keempat itu akan selesai dalam awal September 2022. Dengan dua jenis vaksin yang digunakan yakni vaksin moderna dan Pfizer.

Sementara itu, untuk capaian vaksin COVID-19 secara menyeluruh di Kabupaten Sekadau saat ini baru sekitar 76 persen. Capaian tersebut merupakan masyarakat yang sudah divaksin pertama hingga ketiga. Sedangkan masyarakat yang belum sampai vaksin ketiga dinyatakan belum lengkap vaksin.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved