MotoGP

Francesco Bagnaia Terancam Kehilangan Gelar di MotoGP San Marino 2023

Nasib apes dialami Francesco Bagnaia pada Hasil FP1 MotoGP San Marino 2022 hari ini Jumat 2 September 2022.

Editor: Rizky Zulham
MotoGP.com
Pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Nasib apes dialami Francesco Bagnaia pada Hasil FP1 MotoGP San Marino 2022 hari ini Jumat 2 September 2022.

Sebuah insiden dilakukan Francesco Bagnaia yang melaju perlahan di racing line Tikungan 3, saat Alex Marquez mendekat dengan kecepatan tinggi.

Lantaran melambat saat FP1, Francesco Bagnaia harus menjalani hukuman turun tiga posisi start untuk balapan MotoGP San Marino di Misano, akhir pekan ini.

Pembalap Ducati itu menempati posisi keenam dalam sesi latihan bebas pertama di Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Mengutip catatan waktu MotorSport.com, Dia terpaut 0,439 detik dari Fabio Quartararo yang keluar sebagai tercepat.

Rider LCR Honda tersebut segera membatalkan lap, sementara momen bersamaan, Enea Bastianini yang berada di belakang Bagnaia dan Marquez juga terkena imbasnya.

Usai berakhirnya FP1, Bagnaia diminta menghadap Race Direction. Setelah dilakukan investigasi, FIM MotoGP Steward Panel menghukum penalti tiga grid kepada Bagnaia.

“Pada tanggal 2 September 2022 selama sesi terakhir Grand Premio Gryfyn di San Marino E Della Riviera di Rimini FP1, Anda diketahui melaju lambat di racing line, menyebabkan situasi berbahaya bagi pengendara lain,” bunyi pernyataan resmi.

“Ini bertentangan dengan instruksi khusus yang diberikan kepada pesaing dan tim MotoGP, mengganggu sesi, dan dianggap berkendara yang tidak bertanggung jawab yang membahayakan pesaing lain.

“Oleh karena itu, ini merupakan pelanggaran Pasal 1.21.2 dari regulasi FIM Kejuaraan Dunia Grand Prix.

“Untuk alasan di atas, setelah menerima briefing awal, dan setelah menerima beberapa email pengingat dan peringatan kepada pembalap dan tim selama musim lalu, FIM MotoGP Steward Panel telah memberlakukan hukuman tiga posisi grid.”

Pecco Bagnaia datang ke Misano berbekal selisih 44 poin dari Fabio Quartararo dalam klasemen MotoGP 2022.

Secara matematis, Italiano masih punya peluang menapaki tangga juara. Tetapi, El Diablo bukan lawan yang mudah dikalahkan.

Meski paket Yamaha YZR-M1 kalah pada sektor top speed dibandingkan Ducati Demosedici GP, Quartararo satu-satunya pembalap dari pabrikan garpu tala yang mampu memaksimalkan potensi kuda besinya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved