Laman Website Resmi Pemerintah Kota Pontianak Akan Disederhanakan

“Rencananya akan diluncurkan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-251 Kota Pontianak. Perubahan nama domain utama ini akan diikuti penyesuaian al

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Prokopim Pemkot Pontianak
Tampilan website resmi Pemerintah Kota Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak akan lebih mensederhanakan nama domain pada laman website resmi Pemerintah Kota Pontianak.

Yang semula alamat website Pemerintah Kota Pontianak adalah pontianakkota.go.id nantinya akan diganti menjadi pontianak.go.id.

Hal tersebut disampaikan oleh Syamsul Akbar selaku Kepala Bidang Tata Kelola Pemerintah Berbasis Elektronik dan Telematika (TKPBET) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak.

Akbar menjelaskan, bahwa pergantian nama domain ini akan diluncurkan dalam waktu beberapa bulan mendatang.

Pergantian domain itu direncanakan akan diluncurkan pada Hari Ulang Tahun Kota Pontianak.

“Rencananya akan diluncurkan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-251 Kota Pontianak. Perubahan nama domain utama ini akan diikuti penyesuaian alamat domain dan sub domain seluruh sistem elektronik online yang dimiliki Pemerintah Kota Pontianak, termasuk website seluruh OPD,” kata Akbar pada Kamis 1 September 2022.

Sambil menunggu waktu pergantian domain, masyarakat maupun Perangkat Daerah masih dapat menggunakan domain lama untuk sementara waktu ini.

Polresta Pontianak Siap Jaga Keamanan Demonstrasi Penolakan Kenaikan BBM di Kota Pontianak

Kata Akbar, alamat yang sebelumnya merupakan nama standar yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dengan pertimbangan saat itu terdapat dua daerah di Kalbar yang menggunakan nama Pontianak yaitu Kota Pontianak dan Kabupaten Pontianak.

Namun berjalannya waktu, sebagaimana diketahui, bahwa saat ini Kabupaten Pontianak telah berganti menjadi Kabupaten Mempawah.

Perubahan ini adalah salah satu upaya memberi kemudahan akses pelayanan secara online kepada masyarakat, melalui implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selain itu agar tidak terjadi ambigu dan kebingungan bagi para pengguna layanan berbasis digital Pemkot Pontianak, mengingat terdapat nama salah satu kecamatan di Kota Pontianak adalah Kecamatan Pontianak Kota.

Akbar melanjutkan, upaya penyederhanaan domain tersebut sudah dilakukan pada domain-domain milik Pemerintah kota lainnya di Indonesia.

“Pemerintah Kota Bandung misalnya, mereka menggunakan nama domain bandung.go.id, tanpa embel-embel kota, meskipun di sana sebenarnya juga terdapat Kabupaten Bandung,” imbuhnya.

Perubahan nama domain ini juga akan diikuti dengan penyesuaian-penyesuaian lainnya seperti perubahan informasi alamat website pada papan-papan nama seluruh Perangkat Daerah, penyesuaian alamat e-mail resmi serta penyesuaian informasi pada kop surat dinas masing-masing Perangkat Daerah.

Akbar menyampaikan peralihan nama domain ini nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga tidak menggangu kelancaran layanan online yang sudah berjalan.

“Lebih lanjut, nanti juga akan kita sosialisasikan kepada masyarakat luas sebagai upaya memberikan pemahaman tentang peralihan ini, khususnya melalui saluran media sosial resmi milik Pemkot Pontianak” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved