Lokal Populer

Bencana Alam Banjir dan Tanah Longsor Landa Kalbar, Belum Ada Penetapan Status Bencana

Pemerintah Provinsi tetap akan memberikan dukungan apabila Pemkot Singkawang membutuhkan bantuan dalam menanggulangi banjir

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rizki Kurnia
Petugas Tagana mengecek tanah longsor yang terjadi di belakang rumah Asmiah di Jalan A Yani, Kota Singkawang. Senin 29 Agustus 2022. /Rizki Kurnia 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bencana alam seperti banjir dan tanah longsor terjadi di beberapa titik wilayah di Kota Singkawang yang menyebabkan beberapa fasilitas umum sempat lumpuh.

Namun kondisi tersebut sudah kian membaik, terhadap bencana banjir dan tanah longsor di Kota Singkawang, Pemprov Kalbar sendiri telah mengirimkan bantuan obat khususnya untuk RS Abdul Azis Singkawang yang juga terdampak banjir.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalbar, Harisson menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi tetap akan memberikan dukungan apabila Pemkot Singkawang membutuhkan bantuan dalam menanggulangi banjir.

“Kemarin kita sudah mengirimkan obat-obatan melalui Diskes Provinsi yang langsung meninjau RS Abdul Aziz Singkawang,” ujar Harisson saat ditemui di Aula Kampus IAIN Pontianak, Senin 29 Agustus 2022.

Cerita Korban Peristiwa Longsor di Kota Singkawang saat Hujan Mengguyur Deras

Terkait beberapa daerah banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa titik wilayah Kalbar, Harisson menyampaikan prinsipnya BPBD daerah selalu berkoordinasi dengan BPBD Provinsi maupun pusat.

“Kalau ada kebutuhan yang tidak dapat ditanggulangi. Maka kita akan minta secara berjenjang. Tapi sejauh ini belum ada penetapan status bencana di tiap daerah,” pungkasnya.

Pantau Kondisi

Forkopimda Kota Singkawang turun langsung lakukan Pengecekan lokasi Tanah longsor di Jl. Pendidikan Teluk Karang RT. 040 RW. 07 Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan, Minggu 28 Agustus 2022 malam.

Dalam kegiatan pengecekan lokasi tanah longsor tersebut Kapolres Singkawang Akbp Arwin Amrih Wientama, S.H., S.I.K., M.H. bersama - sama Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, Dandim 1202/Skw, Kabag Ops Polres Singkawang, Pasi Ops Kodim 1202/Skw, Kasat Intelkam Polres Singkawang, Kasat Lantas Polres Singkawang, Perwakilan BPBD Kota Singkawang, Camat Singkawang Selatan, Kapolsek Singkawang Selatan dan Ketua RT. 40 Kelurahan Sedau.

Kapolres Singkawang melalui Kasihumas Polres Singkawang Iptu M. Mauluddin menuturkan bahwa terjadinya tanah longsor tersebut akibat dari curah hujan yang tinggi pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022 dan juga mengakibatkan akses Jalan Pendidikan Rt. 040 Rw. 07 Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan terputus, namun tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor tersebut.

Setelah meninjau lokasi tanah longsor tersebut, sekira pukul 20.50 WIB rombongan Forkopimda Kota Singkawang meninggalkan lokasi tanah longsor dan menuju ke Rumah Sakit Abdul Azis Kota Singkawang untuk meninjau lokasi yang terdampak banjir.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved