Kaya AKan Manfaatnya, Buah Tin Juga Memiliki Efek Samping, 3 Diantaranya Ada Alergi

Anda yang memiliki alergi terhadap serbuk sari juga disarankan untuk tidak mengonsumsi buah tin karena akan timbul reaksi alergi.

KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ YOUTUBE
Buah tin adalah buah yang mengandung banyak vitamin K yang berfungsi untuk pembekuan darah sehingga tidak terjadi pendarahan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Buah tin (Ficus carica) merupakan buah yang mungkin sudah tidak asing bagi beberapa umat muslim. Buah tin merupakan salah satu nama surat dalam Al-Qur’an yaitu surat At-Tin.

Jika Anda menyukai buah yang rasanya manis, buah tin bisa menjadi camilan yang menyehatkan.

Buah yang juga dikenal dengan nama buah fig ini digunakan sebagai pengobatan alami tradisional sejak zaman dulu.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli dari Kuala Lumpur di dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine Journal yang terbit di tahun 2020 meneliti kegunaan buah tin ini yang sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Di dalam penelitian ini, ditemukan bahwa buah tin digunakan sebagai obat untuk masalah pencernaan, khususnya konstipasi.

Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Nutrisi Buah Tin Juga Sangat Baik Hingga Disebut dalam Al Quran

Tidak hanya itu saja, ada banyak sekali jenis penelitian yang membuktikan bahwa kandungan nutrisi dari buah tin sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Meskipun begitu, ternyata ada beberapa kondisi yang membuat buah tin berbahaya untuk dikonsumsi. yakni ada 3 efek samping Buah Tin berikut ini:

1. Menyebabkan diare atau masalah pencernaan lain

Buah Tin adalah buah yang memiliki kandungan serat alami yang sangat berguna untuk tubuh.

Manfaat buah yang mengandung serat untuk tubuh diteliti oleh ahli dari Amerika dan dimuat pada Gut Microbes Journal pada tahun 2017.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved