Hadiri Pembukaan Pameran UMKM di Rumah Radakng, Edi Kamtono: Mudah-mudahan Kebudayaan Kita Bangkit

Mudah-mudahan budaya kita terus bangkit ya, memberikan ciri khas kearifan lokal yang bisa membanggakan Kalimantan Barat

Penulis: Muhammad Firdaus | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK/Tri Pandito Wibowo
Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat melakukan tari bamboo disela-sela pembukaan acara pameran UMKM yang diselenggarakan oleh LPM Kalbar. Pontianak, Kalimantan Barat. Jumat sore, 26 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono melakukan tarian khas Masyarakat Dayak, yaitu Tari Bamboo.

Hal ini ia lakukan disela-sela menghadiri pembukaan pameran UMKM yang diselenggarakan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kalbar di rumah Radang Pontianak, Jumat 26 Agustus 2022 kemarin.

"Oh iya, itu tarian tradisional dari adat Dayak ya, melompat-lompat itu diperlukan konsentrasi terus keterampilan," ucapnya.

Ia mengatakan tarian ini sangat edukatif dan bermanfaat dalam melatih kestabilan dan konsentrasi para penarinya.

Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional LPM Kalbar Gelar Pameran UMKM

"Dan itu tidak hanya atraktif tapi juga edukatif karena kan melatih otak kiri otak kanan mungkin ya karena harus kalau kita tidak hati-hati nggak konsen itu bisa jatuh," ucapnya.

Ia berharap kedepannya budaya-budaya masyarakat adat ini dapat terus dilestarikan, sehingga mampu menjadi sebuah identitas yang membanggakan untuk Kalbar ini.

"Mudah-mudahan budaya kita terus bangkit ya, memberikan ciri khas kearifan lokal yang bisa membanggakan Kalimantan Barat," ucapnya.

Diketahui tarian Bamboo ini sendiri merupakan sebuah tarian yang menggunakan bambu untuk menjepit kaki para penari.

Kemudian para penari ini diminta memperlihatkan ketangkasan kakinya untuk melompat dan menghindari jepitan bambu tersebut.

Diketahui dibeberapa daerah lainnya tarian ini mempunyai nama yang berbeda, misalnya Masyarakat Dayak Sabah Malaysia menyebut tarian ini dengan nama tari buluh.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved