Lokal Populer

Api Bakar Dua Kamar Asrama Saat Santri Pondok Pesantren Al Furqan Tunaikan Salat Subuh Berjamaah

Dua kamar asrama di Pondok Pesantren Al-Furqan hangus terbakar usai dilahap api kebakaran yang terjadi Kamis 25 Agustus 2022 dini hari

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Santri Pontren Al-Furqan saat melihat puing-puing kebakaran, Kamis 25 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dua kamar asrama di Pondok Pesantren Al-Furqan hangus terbakar usai dilahap api kebakaran yang terjadi Kamis 25 Agustus 2022 dini hari pukul 04.50 WIB. Kebakaran membuat panik santri yang bersamaan menunaikan salat subuh berjamaah.

"Api membesar sekira pukul 04.50 WIB, saat itu santri di masjid melakukan salat, saya terakhir untuk mengontrol dan saya melihat sudah ada percikan api sebelum pukul tersebut," kata Wika, saksi kebakaran.

Dirinya merupakan Pembina Asrama di Pontren tersebut.

Dia mengungkapkan ketika api membesar dirinya merasakan kepanikan.

Dia pun menghubungi beberapa ustadz Pontren untuk mengabarkan peristiwa tersebut.

"Saya menghubungi beberapa ustadz kita meminta bantuan, kemudian berusaha mengambil ember dan air untuk menyiram api yang membesar," ujarnya.

Asrama Santri Pondok Pesantren Al-Furqan Sambas Terbakar Saat Santri Sedang Salat Subuh

Dia menerangkan, sebagian santri turut membantu memadamkan api, sebagian sudah berada dalam saf salat berjamaah.

"Karena ini sudah takdir Allah, dan api membesar maka semua peralatan santri termasuk pakaian, buku, lemari pakaian tidak bisa diselamatkan," ucapnya.

Dia mengatakan api bermula di kamar nomor 4 namun dengan cepat membesar. Dia dan santri tak sempat menyelamatkan barang-barang beharga dari dalam kamar.

Ia hanya bisa pasrah sembari mencoba memadamkan api dengan air seadanya.

"Api bermula dari asrama nomor empat. Ada dua lokal di sini, satu lokal 26 santri, mereka SMP kelas 8 dan 9. Ada masyarakat menelpon pemadam kebakaran, mereka datang 15 menit kejadian, jadi tidak ada yang berhasil kita selamatkan," ujarnya.

Saksi Mata

Kedua mata Daus berkaca, saat duduk di kursi depan kelasnya. Sorot matanya tertuju pada asrama yang hangus terbakar. Walau tampak berupaya membendung, air matanya pun jatuh membasahi pipinya.

Asrama tempat Daus tinggal, hangus dilahap si jago merah pukul 04.50 WIB, Kamis 25 Agustus 2022. Ketika api membesar, Daus masih khusuk menunaikan salat subuh berjamaah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved