Wujudkan Pemerataan Pembangunan dan Buka Akses Warga, Jembatan Melawi II Diresmikan

Pejabat di lingkungan Provinsi Kalbar, Pejabat di lingkungan Kabupaten Melawi, Ketua TP. PKK, Ketua GOW, Ketua DWP Kabupaten Melawi, Camat, Kepala Des

Penulis: David Nurfianto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Mewujudkan pemerataan pembangunan dan buka akses warga, jembatan melawi II diresmikan Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji bersama Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa pada Rabu 24 Agustus 2022 kemarin. Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene tanda peresmian, penandatangan prasasti dan pemotongan pita 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MELAWI - Guna mewujudkan pemerataan pembangunan dan buka akses warga, jembatan melawi II diresmikan Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji bersama Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa pada Rabu 24 Agustus 2022

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene tanda peresmian, penandatangan prasasti dan pemotongan pita.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen, Wakil Bupati Sintang, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Melawi, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Forkopimda Kabupaten Melawi, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi,

Pejabat di lingkungan Provinsi Kalbar, Pejabat di lingkungan Kabupaten Melawi, Ketua TP. PKK, Ketua GOW, Ketua DWP Kabupaten Melawi, Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Ormas, dan tamu undangan lainnya.

Gelontorkan Anggaran Rp 70,65 Miliar, Gubernur Sutarmidji Resmikan Jembatan Melawi II

Jembatan Melawi II adalah jembatan penghubung antara Kecamatan Pinoh Utara dengan ibukota Kabupaten Melawi di Kecamatan Nanga Pinoh.

Sebelumnya, masyarakat harus menyeberang sungai dengan menggunakan perahu untuk bisa sampai ke Kecamatan Nanga Pinoh, begitupun sebaliknya. Namun dengan adanya jembatan ini, masyarakat sudah bisa menggunakan jalur darat.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus, Jembatan Melawi II ini dibangun sejak dilakukan peletakan batu pertama tahun 2006 oleh Bupati Melawi saat itu, Almarhum Bapak Suman Kurik, dan terus dilakukan pembangunannya secara bertahap.

“Jembatan Melawi II adalah jembatan dengan tipe rangka baja dengan lebar 6 meter dan memiliki panjang efektif total 240 meter, dengan total 4 bentang, dimana per bentang memiliki panjang 60 meter. Total anggaran pembangunan jembatan mulai dari peletakan batu pembangunan abutmen sampai selesai sebesar 70,656 milyar rupiah," jelasnya berdasarkan rilis humas pada Kamis 25 Agustus 2022.

Sementara itu, Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menyampaikan Jembatan Melawi II merupakan salah satu progam pembangunan ekonomi, pemerataan pembangunan daerah, dan merupakan mimpi besar masyarakat Kabupaten Melawi yang sudah lama dinantikan.

Bupati juga menjelaskan proses pembangunan jembatan dibangun secara bertahap dimulai dari kepempimpinan Bupati Almarhum Suman Kurik dan Almarhum H. Firman Muntaco, dilanjutkan periode Almarhum H. Firman Muntaco dan Panji, S.Sos, dilanjutkan kembali pada zaman Panji, S.Sos dan H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, dan diselesaikan pada masa kepemimpinan Bupati H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Wakil Bupati, Drs. Kluisen.

“Tentunya selama pembangunan Jembatan Melawi II ini kita dihadapkan dengan berbagai tantangan, termasuk ketika pandemic Covid-19 melanda dunia sejak 2020, dimana kita juga harus melakukan refocusing anggaran, namun mengingat keberadaan jembatan ini sangat penting dalam menunjang aktivitas warga dan sudah dinantikan sejak lama, maka penyelesaian jembatan ini menjadi prioritas utama dibawah kepemimpinan saya dan Pak Wakil Bupati, Drs. Kluisen," ungkap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati berharap kehadiran jembatan Melawi II dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, membuka akses dan mobilitas masyarakat sekitar dan masyarakat Kabupaten Melawi pada umumnya.

“Pembangunan jembatan ini sangat dibutuhkan dan kehadirannya disambut baik oleh masyarakat karena manfaatnya bisa langsung dirasakan. Selain dampak ekonomi, juga dampak sosial secara sosial sangat dirasakan masyarakat," Katanya.

Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas peran aktif seluruh komponen masyarakat yang telah terlibat dalam pembangunan jembatan Melawi II ini.

“Jembatan Melawi II ini adalah milik kita bersama, mari kita jaga dan pelihara jembatan ini," tegasnya

Paa kesempatan yang sama, Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Melawi atas diresmikan jembatan Melawi II ini, mengingat jembatan sangat penting untuk menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lainnya.

“Bupati katakana jembatan sudah selesai, saya bilang sedikit lagi belum selesai karena belum di aspal jembatannya. Nanti Pemerintah Provinsi yang akan bantu pengaspalannya di APBD Perubahan Provinsi Kalimantan Barat," ungkap Gubernur.

Gubernur juga menjanjikan tahun depan Pemerintah Provinsi akan menganggarkan dana untuk pembangunan jalan Nanga Sokan-Kotabaru dan Sayan. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved