6 Kabupaten di Kalbar Potensi Banjir Lebih Tinggi, Prakiraan BMKG hingga 30 Agustus

Diprakirakan banjir akan terjadi pada akhir bulan agustus 2022 setidaknya hingga awal September 2022

Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Sutikno. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK  - Menurut BMKG, diprakirakan sebagian besar wilayah Kalimantan Barat berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada periode 20 hingga 26 Agustus 2022.

Koordinator Data dan Informasi Stasiun Meteorologi kelas I Supadio Pontianak, Sutikno, mengatakan peningkatan curah hujan masih berpotensi banjir.

"Diprakirakan terdapat peningkatan curah hujan, update terbaru hujan lebat masih berpotensi terjadi hingga tanggal 30 Agustus 2022, cukup lamanya periode hujan lebat tersebut mengindikasikan potensi akan terjadinya banjir,” kata Sutikno saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Senin 22 Agustus 2022.

Melihat tingginya potensi curah hujan yang akan terjadi, diprakirakan akan berdampak banjir, yang diperkirakan akan terjadi lebih tinggi dan luas wilayah dampaknya, dibandingkan kejadian banjir pada awal bulan Agustus 2022 yang lalu.

"Diprakirakan curah hujan yang akan terjadi lebih tinggi dari awal bulan Agustus yang lalu, juga lebih luas wilayah yang akan terjadi hujan lebat. Sehingga diprakirakan berpotensi terjadi banjir yang lebih tinggi dan lebih luas wilayah yang akan terdampak," katanya.

Adapun dampak tersebut diperkirakan akan terjadi di sebagian wilayah Kab./Kota, Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Ketapang, Sekadau, dan Sanggau.

Sutikno juga mengatakan dampak tersebut diperkirakan akan terjadi pada akhir bulan Agustus hingga awal bulan September.

Penyebab Wilayah Kapuas Hulu Rawan Banjir

"Diprakirakan banjir akan terjadi pada akhir bulan agustus 2022 setidaknya hingga awal September 2022," katanya.


Di sisi lain, pasang air laut maksimum di sekitar Kota Pontianak diprakirakan setinggi 1,7 meter pada 25-26 Agustus 2022 pukul 18.00 WIB-19.00. Berkaitan dengan saat bersamaan masih periode terjadi hujan lebat, maka perlu diwaspadai potensi terjadi genangan/banjir di wilayah Pesisir.

Pada periode 20-22 Agustus 2022 tinggi gelombang katagori Sedang (1.25-2.50 meter) berpotensi di Laut Natuna Utara bagian Barat, Perairan Selatan Kepulauan Anambas, Perairan Barat Kepulauan Natuna dan Perairan Kepulauan Karimata.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved