HUT 77 Kemerdekaan

Kado Kemerdekaan! Dinas Dukcapil Pastikan SIDATOKKU Bisa Diakses Seluruh Masyarakat Kayong Utara

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara, Aslinda mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini membuat percepatan

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, gencarkan gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan bagi masyarakat Kayong Utara. Jumat 19 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Kado Kemerdekaan Republik Indonesia untuk masyarakat Kabupaten Kayong Utara, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara memastikan akses pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi SIDATOKKU terbuka untuk seluruh masyarakat.

Atas hal tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara, Aslinda mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini membuat percepatan pelayanan publik.

Teknologi merupakan bentuk perkembangan zaman, dimana perubahan teknologi yang sedemikian cepat mempengaruhi segala aspek kehidupan.

Tak dipungkiri, kemajuan teknologi mempercepat segalanya termasuk pelayanan publik.

Bupati Kayong Utara Harap Masyarakat Tingkatkan Semangat Patriotisme

Sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang pelayanan administrasi kependudukan secara daring yang bertujuan membangun tata kelola Pemerintahan yang baik, efektif dan efisien dengan cara yang lebih mudah dan cepat maka keberadaan teknologi diharapkan sebagai sarana pelayanan publik yang bisa mempermudah dan mempercepat proses pelayanan, tanpa harus bertatap muka.

“Ditengah pandemi yang sampai saat ini belum menunjukan keadaan yang stabil, proses pelayanan publik yang memanfaatkan teknologi informasi merupakan solusi yang tepat,” terang Aslinda. Jumat 19 Agustus 2022

Lebih lanjut, Dinas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara terus berupaya dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dalam hal administrasi kependudukan.

Saat ini, inovasi pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Kayong Utara sejak Desember 2021 sampai sekarang sudah bisa dilayani secara online.

Melalui SIDATOKKU (sistem informasi pendaftaran dokumen administrasi kependudukan Kabupaten Kayong Utara) yang berbasis Web, sudah bisa diakses diakses di seluruh desa, rumah sakit umum Sultan Jamaluddin I, seluruh Puskesmas dan seluruh penyelenggara agama, tanpa harus datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara.

“Apalagi untuk daerah-daerah yang jangkauan transportasinya sulit, dan seluruh layanan ini gratis tanpa dipungut biaya,” ujarnya.

Ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara memberikan kado spesial bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kayong Utara. Bahwa saat sekarang ini, semua warga Kayong Utara sudah bisa menggunakan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil secara online melalui SIDATOKKU berbasis web. 

Terdapat 56 layanan yang ada pada SIDATOKKU, kecuali Rekam Cetak KTP Elektronik. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved