PKBI Manfaatkan Medsos Kampanyekan Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja

Keterlibatan remaja dalam mengkampanyekan pentingnya isu seksualitas dan reproduksi remaja penting dilakukan, terutama di media sosial

Editor: Nina Soraya
Dok/PKBI Kalbar
Suasana diskusi dan sharing yang dilakukan oleh PKBI Kalbar pada Selasa 16 Agustus 2022. Untuk menyasar pendidikan kesehatan reproduksi pada anak muda, PKBI memanfaatkan platform medsos. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Pendidikan kesehatan reproduksi penting ditanamkan sejak dini. Berbagai upaya perlu dilakukan untuk menyampaikannya, satu di antaranya dengan platform media sosial atau medsos.

Common Sense Media tahun 2021 menyebutkan para remaja banyak menghabiskan waktunya di dunia maya itu lebih banyak dari seharusnya. Itu terus meningkat setiap tahun.

Hal inilah  menjadi dasar mengapa salah satu strategi kampanye atau sosialisasi yang menyasar remaja akan jauh lebih efektif ketimbang di ruang atau kelas offline.

Media sosial sudah menjadi ruang asik dalam mengedukasi sejumlah kegiatan.

Apalagi jika itu melibatkan pelajar dan remaja. Ini yang coba dilakukan PKBI Kalimantan Barat (Kalbar) dalam pengembangan strategi kampanye media sosial untuk isu seksual dan reproduksi remaja yang tengah digencarkan.

Pengemasan strategi kampanye menggunakan metode pendidikan reproduksi hingga pelatihan menulis ringan dilakukan dalam upaya meningkatkan minat remaja akan isu-isu yang ada.

Pentingnya Edukasi Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja

Dengan tujuan, para remaja atau mereka yang masih usia sekolah menengah bisa terlibat dalam mengkampanyekan  pentingnya memahami seksualitas remaja dan persoalan yang saat ini terjadi.

Keterlibatan remaja dalam mengkampanyekan pentingnya isu seksualitas dan reproduksi remaja penting dilakukan, terutama di media sosial sebagai ranah ekspresi untuk kalangan generasi muda saat ini.

Direktur Eksekutif PKBI Kalbar, Sudi Harisman menyadari ini hingga meluncurkan program kampanye strategi dalam menguatkan peran para volunter muda untuk terlibak aktif, terutama di media sosial.

“Kami sadar medsos itu banyak berpengaruh dalam hal informasi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved