Doa Katolik

Mengenal Gereja Katolik Katedral Kristus Raja Keuskupan Sintang Tempo Dulu hingga Sekarang

Gereja Katolik Katedral Kristus Raja Keuskupan Sintang terdiri dari 11 kring (lingkungan dalam kota) dan dua stasi.

parkatsintang.or.id
Gereja Katolik Katedral Kristus Raja Keuskupan Sintang tempo dulu. Gereja Katolik Katedral Kristus Raja Keuskupan Sintang terdiri dari 11 kring (lingkungan dalam kota) dan dua stasi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Gereja Katolik Katedral Kristus Raja Keuskupan Sintang memiliki sejarah panjang dalam proses karya misinya.

Gereja Katolik Katedral Kristus Raja Keuskupan Sintang berada di Jalan Pahlawan No.8, Tj. Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Gereja Katolik Katedral Kristus Raja Keuskupan Sintang terdiri dari 11 kring (lingkungan dalam kota) dan dua stasi.

Karya misi Katolik dimulai di Sintang pada tahun 1931 ketika para Suster SMFA bekerja di rumah sakit pemerintah Hindia Belanda di Sintang.

Kemudian disusul dengan berdirinya stasi Sintang, di bawah penggembalaan para misionaris Kapusin.

Mengenal Gereja Katolik Keuskupan Sintang Lengkap Daftar Paroki Keuskupan Sintang

Tanggal 11 Desember 1931, Mgr. Pacificus Bos, OFM Cap mengangkat Pastor Fulgentius J. Koning, OFM Cap, yang sedang berdiam di Sanggau sebagai pastor paroki pertama dari paroki Sintang.

Lalu Suster SMFA, yaitu Sr. Xaveria (Getruda Thorborg) dan Sr. Bernadette (Getruda de Jong) yang meninggalkan Belanda tanggal 3 Desember 1931 dan tiba di Pontianak pada tanggal 28 Desember 1931, berangkat ke Sintang memakai motor air “Irma”.

Di Sanggau mereka menjemput Pastor Fulgentius untuk sama-sama berangkat ke Sintang. Para misionaris pionir ini tiba di Sintang pada tanggal 1 Januari 1932.

Karena belum ada pastoran, maka Pastor Fulgentius tinggal di pesanggrahan pemerintah, sementara para suster untuk sementara tinggal di pavilion yang dipinjamkan oleh calon residen.

Ini dilakukan karena rumah mereka belum selesai dibangun, yang disebabkan banjir besar yang telah lama dan belum surut.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved