Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Prodi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak Ikuti Asesmen Lapangan

Kegiatan asesmen lapangan ini di hadiri oleh Sekretaris yayasan YPT SPT-PGRI Pontianak, Rektor IKIP PGRI Pontianak, Dekan dan wakil Dekan Fakultas Pen

Penulis: Anggita Putri | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Dosen Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak, usai mengikuti assesment lapangan dalam rangka pelaksanaan Akreditasi tahun 2022 yang digelar secara daring, Selasa 16 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi melaksanakan Asesmen Lapangan kepada Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak, dalam rangka pelaksanaan Akreditasi tahun 2022 yang digelar secara daring, Selasa 16 Agustus 2022.

Pelaksananaan asesmen lapangan di laksanakan selama dua hari. Dimana melibatkan Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Program Studi Pendidian Biologi, yang terdiri atas Prof Niken Subekti dari Universitas Negeri Semarang,  Prof Tjandra Anggraeni dari Institut Negeri Bandung. 

Kegiatan asesmen lapangan ini di hadiri oleh Sekretaris yayasan YPT SPT-PGRI Pontianak, Rektor IKIP PGRI Pontianak, Dekan dan wakil Dekan Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi, Program Studi Pendidikan Biologi, LPM, LPPM, LPG, Data Base, Mahasiswa, dan Mitra. 

Parit Pontianak Tercemar Mikroplastik dan Kadar Phospat Melebihi Baku Mutu

Kegiatan tersebut dibuka langusung oleh Rektor IKIP PGRI Pontianak, Muhamad Firdaus yang menyampaikan apresiasi  sebesar-besarnya kepada asesor BANPT, walaupun digelar secara daring. 

Rektor IKIP PGRI Pontianak berharap dengan adanya AL ini diharapkan nantinya penilaian yang didapatkan oleh Prodi Pendidikan Biologi dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam memilih program studi.

“Kita harap pendidikan Biologi di IKIP PGRI Pontianak bisa sebagai salah satu prodi yang bisa dipilih calon mahasiswa untuk masuk kuliah, dan mahasisiwa bisa segera lulus dengan cepat,” ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan Asesmen Lapangan di mulai dengan melakukan verifikasi data UPPS yaitu dengan mewawancarai Dekan Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi yakni Yudi Darma.

Pada sesi UPPS ini asesor bertanya berkaitan dengan VMTS (Visi Misi Tujuan dan Sasaran) UPPS yang akan di capai, Roadmap Penelitian, Stategi Pengembngan UPPS dan Program Studi, serta peningkatan animo mahasiswa. 

“Dari pertanyaan tersebut asesor banyak sekali memberikan saran dan masukan yang sangat bermanfaat baik bagi UPPS maupun Program Studi,” ungkapnya.

Setelah selesai kegiatan wawancara dengan UPPS, kegiatan berikutnya yaitu menggali informasi kepada Ketua Program Studi yakni Ivan Eldas Desrita.

“Tahap ini Asesor menanyakan berkaitan dengan arah pengembangan Program Studi  terutama Laboratorium, arah lulusan, serta Prestasi Mahasiswa. Setelah sesi dengan Kaprodi di lanjutkan dengan sesi dosen,” jelasnya.

Selanjutnya dilakukan kunjungan secara LIVE ke ruang kelas, ruang program studi, ruang perpustakaan, laboratorium, taman, dan tempat olah raga mahasiswa. 

Lalu sesi wawancara dengan mahasiswa perwakilan Prodi Pendidikan Biologi dan di lanjutkan dengan sesi wawancara mitra. 

Adapun Mitra yang di undang dalam hal ini yakni  Eko Andriono, Nur Kolik, dan Drs Sukardi, dan ditutup dengan diskusi.

Lanjut dihari kedua dilaksanakan pemaparan hasil revisi oleh ketua Program Studi Pendidikan Biologi dan di lanjutkan dengan sesi  diskusi berkaitan dengan berita Acara AL dan penandatanganan Berita Acara. 

Ditempat yang sama ketika menutup acara, Dekan Fakultas Pendidikan MIPA dan teknologi  Yudi Darma mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak terkait. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved