Doa Katolik

Mengenal Gereja Katolik Paroki Maria Ratu Pencinta Damai ( MRPD ) Keuskupan Agung Pontianak

Menurut Pastor Paroki RD John Rustam, Gereja Katolik Paroki Maria Ratu Pencinta Damai ( MRPD ) berawal dari Kapel di Gang Usaha 2.

TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Peresmian Gereja Paroki Maria Ratu Pencinta Damai Pontianak, di Jalan Gusti Hamzah, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin 1 Januari 2018. Menurut Pastor Paroki RD John Rustam, Gereja Katolik Paroki Maria Ratu Pencinta Damai ( MRPD ) berawal dari Kapel di Gang Usaha 2. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Gereja Katolik Paroki Maria Ratu Pencinta Damai ( MRPD ) merupakan Gereja Katolik Roma di Keuskupan Agung Pontianak.

Gereja Katolik Paroki Maria Ratu Pencinta Damai ( MRPD ) terletak di Jalan Gusti Hamzah, Kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Menurut Pastor Paroki RD John Rustam yang disadur dari berita Tribun Pontianak, Gereja Katolik Paroki Maria Ratu Pencinta Damai ( MRPD ) berawal dari Kapel di Gang Usaha 2.

Keinginan umat memiliki rumah ibadah yang dekat dengan rumah mereka akhirnya mulai mendekati kenyataan setelah Keusukupan Agung Pontianak membeli sebidang lahan di gang Usaha 2 pada tanggal 18 April tahun 1966 seharga Rp 15 ribu (uang baru).

Di atas lahan itu kemudian didirikan sebuah bangunan dengan ijin gedung serbaguna.

Mengenal Gereja Katolik Paroki Keluarga Kudus Kota Baru Pontianak Keuskupan Agung Pontianak

Misa pertama di kapel gang Usaha 2 (demikian tempat itu biasa disebut) pertama kali diadakan pada Hari Raya Paskah tahun 1968.

Untuk melayani umat, beberapa Pastor Paroki Katedral datang bergiliran mempersembahkan korban misa di Kapel gang Usaha 2.

Pastor-pastor yang senantiasa diingat oleh umat ketika itu adalah: Pastor Heliodorus, Pastor Anselmus, Pastor Sekundus dan Pastor Martinus.

Kesemuanya adalah Pastor Ordo Kapusin yang juga melayani stasi-stasi lainnya di Kota Pontianak dan sekitarnya. Periode ini berlangsung dari tahun 1968 hingga 1974.

Ketika Pastor H.Bumbun OFM Cap diangkat sebagai Vikaris Jenderal Keusukupan Agung Pontianak tahun 1972, beliau mulai sering misa di kapel gang Usaha 2 bergantian secara teratur dengan Pastor Martinus.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved