Datangi Sejumlah Tempat Produksi Kratom, Mac Haddow Sebut Indonesia Dominasi 95 Persen Market di AS

95 persen market yang ada di Amerika berasal dari Indonesia. Thailand juga berlomba untuk melakukan ekspor kratom

Penulis: Maskartini | Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ MASKARTINI
Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh) menggelar Simposium dengan tema Kratom Sustainability yang bertempat di Hotel Golden Tulip, Jumat 12 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh) menggelar Simposium dengan tema Kratom Sustainability yang bertempat di Hotel Golden Tulip, Jumat 12 Agustus 2022.

Hadir dalam acara ini asosiasi kratom Amerika Serikat. Senior Fellow on Public Policy American Kratom Association, Mac Haddow mengatakan setelah pergi ke beberapa tempat yang sudah memproduksi kratom, ia melihat langsung proses daun kering menjadi bubuk yang digemari di Amerika. 

Kratom merupakan tanaman tropis dari famili Rubiaceae yang berasal dari Asia Tenggara (Thailand, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina), dan Papua Nugini. Di Indonesia, tanaman ini banyak tumbuh di Kalimantan Barat (Kalbar), Sumatera, sampai ke Sulawesi dan Papua di wilayah tertentu.

Mac meyakini kratom memberikan keuntungan besar terutama untuk pertumbuhan ekonomi.

"95 persen market yang ada di Amerika berasal dari Indonesia. Thailand juga berlomba untuk melakukan ekspor kratom," ujarnya.

Antara Resmi dan Tidak, Sutarmidji Optimis 2023 Perdagangan Kratom Tidak Dilarang 

Ia mengatakan pihaknya pesimis untuk mengadvokasi krotom ke BNN lantaran belum adanya dukungan penuh untuk kratom ini.

"Tetapi saya minta untuk tidak bergantung banyak kepada BNN dan tetap melakukan riset-riset sebagai bukti kuat," ujarnya.

Di AS sendiri kata Mac, pelaku farmasi mencoba mempengaruhi asosiasi untuk menjual yang sintesis dan melarang peredaran kratom.

"Saya yakin Indonesia mempunyai banyak komoditas potensial untuk pengembangan kesehatan, contoh quinoa obat malaria dan kratom yang berfungsi sebagai obat di masa depan," ujarnya. 

Pihak Amerika kata Mac juga bisa menjadi katalisator untuk memajukan industri kratom. 

"Kita bersama sama memajukan dari sisi safety, kontroling maupun sektor hulu. Dengan memajukan industri kratom kita juga dapat melindungi sektor ekologi terutama konservasi sehingga kratom tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat lokal tidak hanya Indonesia, USA tetapi juga dunia," ujarnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved