Presiden Jokowi - Sutarmidji Bahas Tol di Kalbar Sepanjang 86 Kilometer

Pada kepemimpinan Sutarmidji dan Ria Norsan sampai saat ini, dikatakan Sutarmidji bahwa PAD Kalbar sudah meningkat Rp 1 Triliun.

Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ FILE
Gubernur Sutarmidji saat menyalami Presiden Joko Widodo, saat tiba di Bandara, Selasa 9 Agustus 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan banyak hal yang dibicarakan ketika mendampingi Presiden Jokowi Kunjungan Kerja di Kalbar pada Selasa 9 Agustus 2022) lalu. Di antaranya sempat dibahas terkait perkembangan rencana pembangunan tol atau jalan bebas hambatan di Kalbar.

“Terkait jalan tol ada dibicarakan, kalau tak salah studi kelayakan atau feasibility study-nya tahun ini. Pak Jokowi juga menanyakan berapa kilometer. Jadi ada sekitar 86 kilometer,” ujarnya saat ditemui di Kantor Gubernur, Rabu 10 Agustus 2022.

Sutarmidji juga sempat membicarakan terkait pertumbuhan ekonomi Kalbar bersama Jokowi. “Jadi waktu makan siang kita sempat berdialog tentang pendapatan ekonomi Kalbar, volume APBD kita yang termasuk kecil hanya Rp 5,8 triliun. Sedangkan Kaltim sudah hampir Rp 13 triliun. Dimana kita separuhnya saja tidak sampai,” ungkap Sutarmidji.

Pada kepemimpinan Sutarmidji dan Ria Norsan sampai saat ini, dikatakan Sutarmidji bahwa PAD Kalbar sudah meningkat Rp 1 Triliun.

Sutarmidji Sempat Bahas Terkait Rencana Pembangunan Tol di Kalbar Saat Bertemu Presiden Jokowi

“Sekarang PAD kita lebih besar dari dana transfer. Saya juga lapor ke Pak Presiden, dan Pak Presiden tanya tentang perekonomian Kalbar, saya bilang kalau dilihat dari pertumbuhan sudah bagus di atas 4 persen,” ujar Sutarmidji kembali.


Sedangkan terkait pemekaran Kapuas Raya juga sempat dibagas, dikatakannya untuk saat ini masih melihat situasi dan kondisi. “Jadi kalau pemekaran ini untuk kewajiban saya sudah semua dan kemarin sudah saya sampaikan ke Pak Presiden. Akhirnya kita hanya ngulang itu-itu saja. Memang yang mengajukan pemekaran ada 340 daerah,” pungkasnya.

Akses Jalan

Saat kunjungan kerja (Kunker) ke Kalbar Presiden Jokowi telah meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah pada Selasa 9 Agustus 2022.

Pelabuhan Pontianak yang telah diresmikan tersebut merupakan satu di antara Proyek Strategis Nasional. Dimana pengoperasiannya melalui penugasan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menelan biaya hingga Rp 2,9 triliun.

Presiden Jokowi dalam sambutannya juga berharap, dengan adanya pelabuhan semegah itu, maka akses lalulintas (jalan) harus diperbesar.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved