Bhabinkamtibmas Polsek Sanggau Ledo dan Manggala Agni Cek Hotspot di Desa Sango

Saat tiba d lokasi tim mendapati lahan yang sudah terbakar dan di perkirakan kurang lebih luasnya satu hektare.

Editor: Jamadin
Dok. Polsek Sanggau Ledo
Bhabinkamtibmas Desa Sango Bripka Hendro S melakukan pengecekan titik Hospot di Desa Sango Kecamatan Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang, Selasa 9 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Guna mencegah meluasnya kebakaran hutan dan lahan, Polsek Sanggau Ledo Polres Bengkayang Polda Kalbar melalui Bhabinkamtibmas Desa Sango Bripka Hendro S melakukan pengecekan titik Hospot di Desa Sango Kecamatan Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang, Selasa 9 Agustus 2022.

Berdasarkan pantauan satelit Lapan pada hari Selasa tanggal 09 Agustus 2022, telah di temukan bahwa adanya titik api pada koordinat N.1.167626085° E.109.6846237 yang mana setelah di lakukan pengecekan koordinat dimaksud terletak di Desa Sango Kecamatan Sanggau Ledo. Untuk itu Bhabinkamtibmas Desa Sango segera melakukan koordinasi dengan team dari Manggala Agni Daops Singkawang Sdr Yulius serta Bhabinsa Desa Sango untuk selanjutnya team mendatangi TKP.

Adapun dalam pelaksanaannya tersebut, team harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 5 Km yang hanya bisa d tempuh dengan kendaraan roda dua untuk selanjutnya berjalan kaki untuk mencapai titik Hotspot.

Saat tiba d lokasi, tim mendapati lahan yang sudah terbakar dan di perkirakan kurang lebih luasnya satu hektare.

WALHI Kalbar Anggap Penanganan Kasus Karhutla di Kalbar Cenderung Kurang Tegas

Dari keterangan warga sekitar belum diketahui siapa pemilik lahan tersebut, warga dengan prakiraan luas kurang lebih satu hektar yang mana lahan tersebut akan di gunakan untuk ditanami padi.

Saat ditemui dan di konfirmasi Ipda Dwiyanto Bhanu Susilo, S.I.P., mengatakan bahwa pihaknya masih mengumpulkan data dan keterangan terkait Karhutla yang terjadi di wilayah Desa Sango Kecamatan Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang tersebut.

"Kami menghimbau kepada seluruh warga Kecamatan Sanggau Ledo agar membuka lahan pertanian tidak dengan cara membakar hutan dan lahan , seperti yang tertulis pada pasal 108 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang merupakan dasar hukumnya",Terang Kapolsek Sanggau Ledo.

Setelah melakukan pengecekan titik Hotspot di Desa Sango Kecamatan Sanggau Ledo tersebut,tak lupa sebelum meninggalkan Lokasi tempat kejadian kebakaran team juga berusaha memadamkan sisa-sisa api yang masih ada untuk memastikan api benar-benar sudah padam sehingga kebakaran tidak meluas pada daerah sekitarnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved