Pemkab Sekadau Gelar Pertemuan Lintas Sektoral Wujudkan PIS-PK

"Ini merupakan tantangan bagi kita semua untuk berupaya meningkatkan IKS wilayah Kabupaten SekadauSekadau, " ujar Wabup Subandrio.

TRIBUNPONTIANAK/MARPINA SINDIKA WULANDARI
Pertemuan koordinasi teknis terintegrasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) bersama lintas program dan lintas sektor tingkat kabupaten/kota tahun 2022 di hotel Vinca Borneo Sekadau, Kalimantan Barat, Selasa 9 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Wakil Bupati Sekadau, Subandrio buka kegiatan pertemuan koordinasi teknis terintegrasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) bersama lintas program dan lintas sektor tingkat kabupaten/kota tahun 2022 di hotel Vinca Borneo Sekadau, Kalimantan Barat, Selasa 9 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau, melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana. Dikatakan Wabup Subandrio, program Indonesia Sehat merupakan salah satu program dari agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

Khusus untuk Kabupaten Sekadau, diketahui saat ini jumlah penduduk di Kabupaten Sekadau adalah 214.297 jiwa. Dimana salah satu permaslahan pembangunan daerah dibidang kesehatan yaitu belum optimal dan meratanya pelayanan kesehatan.

Selain itu jumlah SDM juga belum memadai, sejalan dengan rendahnya Indeks Keluarga Sehat (IKS), yaitu 0,09. Sedangkan IKS nasional yang diharapkan adalah 0,8.

Disdik Sekadau Sebut dari 560 Guru Tidak Tetap Baru 196 yang Diangkat menjadi ASN PPPK

"Ini merupakan tantangan bagi kita semua untuk berupaya meningkatkan IKS wilayah Kabupaten SekadauSekadau, " ujar Wabup Subandrio.

Lebih lanjut, Subandrio menjelaskan sasaran program Indonesia Sehat adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat.

Upaya tersebut meliputi meningkatkan status gizi ibu dan anak. Meningkatnya pengendalian penyakit. Meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan terutama di daerah terpencil, tertinggal dan perbatasan.

Meningkatnya cakupan pelayanan kesehatan universal. Terpenuhinya kebutuhan tenaga kesehatan, obat dan vaksin. Meningkatnya responsivitas sistem kesehatan.

"Kesehatan merupakan salah satu investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan daerah. Kami berharap setelah pelaksanaan kegiatan ini, untuk seluruh stakeholder dapat berintegrasi agar dapat mendukung tercapainya Kabupaten Sekadau yang sehat melalui akselerasi PIS-PK serta dapat mengidentifikasi permasalahan di wilayah masing-masing, " harap Subandrio. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved