Hadiri Acara Grebeg Suro, Sekda Ketapang Harap Jadi Agenda Rutin Tahunan

Kegiatan wayang kulit semalam suntuk ini merupakan rangkaian dari ulang tahun Keluarga Besar Jawa Kabupaten Ketapang yang ke-25 yang dirangkaikan

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si hadiri kegiatan Grebeg Suro yang digelar oleh Paguyuban Jawa Ketapang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si hadiri kegiatan Grebeg Suro pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon 'Semar Bangun Kayangan' yang diselenggarakan di Rumah Joglo Paguyuban Jawa Ketapang, Minggu 7 Agustus 2022.

Kegiatan wayang kulit semalam suntuk ini merupakan rangkaian dari ulang tahun Keluarga Besar Jawa Kabupaten Ketapang yang ke-25 yang dirangkaikan dengan peringatan 1 Suro dan Tahun Baru Islam 1444 H. 

Dalam sambutannya, Alex mengatakan bahwa pagelaran ini sebagai bagian dari promosi budaya untuk melestarikan budaya daerah.

Seorang Ibu Rumah tangga di ketapang Ditemukan Meninggal Tak Wajar, Polisi Beberkan Kronologinya

"Saya berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat kepada para pelaku seni dan budaya tradisional agar secara continue terlibat dalam pelestarian seni dan budaya daerah," harapnya.

Alex menyebut, pemerintah Kabupaten Ketapang memiliki komitmen yang kuat untuk terus mendorong dan membudayakan potensi budaya di Kabupaten Ketapang agar tetap lestari dan terus berkembang serta dapat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Maka sebagai wujud kebudayaan tersebut setiap tahun pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengalokasikan anggaran fasilitasi pelaksanaan acara seni budaya seluruh paguyuban etnis yang ada di Kabupaten Ketapang," tandasnya.

Selain itu, Alex juga menyampaikan bahwa Pemda akan menetapkan Grebeg Suro menjadi agenda rutin Kabupaten Ketapang dan Pemda juga akan memprioritaskan finishing pembangunan rumah adat Jawa tahun anggaran 2023.

"Pemda Ketapang secara khusus juga berharap agar keluarga besar Jawa Ketapang maupun etnis lainnya dapat berkontribusi aktif dalam pembangunan. Sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang yakni 'Melanjutkan Ketapang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera'," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved