Ritual Adat Dayak dan Melayu Tandai Pembangunan Kembali Tugu Jam di Sekadau

Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau laksanakan ritual adat sebelum peletakan batu  pertama pembangunan Tugu Jam di Pasar Sekadau

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ritual adat dan peletakan batu pertama pembangunan Tugu Jam di pasar Sekadau. Gunakan dua adat sekaligus, Jumat 5 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau laksanakan ritual adat sebelum peletakan batu  pertama pembangunan Tugu Jam di Pasar Sekadau. Gunakan dua adat sekaligus, Jumat 5 Agustus 2022.

Ritual adat tolak bala itu dilakukan dengan menggunakan adat suku Melayu dan suku Dayak yang ada di Kabupaten Sekadau.

Ritual adat itupun disaksikan Wakil Bupati Sekadau, Subandrio beserta tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kabupaten Sekadau.

Wakil Bupati Sekadau, Subandrio menuturkan ritual adat dilakukan sebagai pertanda akan dimulainya pembangunan Tugu Jam yang baru.

Dimana sebelumnya pembongkaran Tugu Jam itu memunculkan dinamika di masyarakat.

Hal itu karena sebagian masyarakat menilai pembongkaran Tugu Jam sejatinya tidak diperlukan walaupun Pemerintah Daerah berupaya untuk mempercantik salah satu icon Kabupaten Sekadau itu.

"Pemda senantiasa terus membangun, agar tidak tertinggal dari Kabupaten lain. Yang kemarin itu saya melihat bukannya pro kontra, karena kita semua memiliki keinginan untuk membangun, hanya perlu komunikasi saja," kata Subandrio.

Lebih lanjut, Subandrio menyebut untuk pembangunan dalam kota Sekadau masih akan terus dilakukan.

Tidak hanya pembangunan ulang Tugu Jam, tetapi di sejumlah titik keramaian lainnya seperti Terminal Lawang Kuari dan penyebrangan Sekadau-Seberang Kapuas juga akan dilakukan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sekadau, Heri Handoko memastikan sepanjang pembangunan itu untuk memperindah, maka akan dilanjutkan. Seperti pembangunan Tugu Jam yang namanya diganti Tugu Pembangunan Bumi Lawang Kuari.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved