Doa Katolik

Mengenal Gereja Katedral Pontianak yang Disebut Gereja Katolik Terbesar di Asia Tenggara

Gereja yang berada di Jalan Patimura, Kelurahan Darat Sekip, Kecamatan Pontianak Kota ini disebut sebagai Gereja Katolik terbesar di Asia Tenggara.

http://katedralsantoyosefpontianak.com/
Gereja Katedral Pontianak Santo Yosef pada tahun 1990. Gereja Katedral Pontianak merupakan Gereja Katolik yang menjadi pusat Keuskupan Agung Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Gereja Katedral Pontianak merupakan Gereja Katolik yang menjadi pusat Keuskupan Agung Pontianak.

Gereja yang berada di Jalan Patimura, Kelurahan Darat Sekip, Kecamatan Pontianak Kota ini disebut-sebut sebagai Gereja Katolik terbesar di Asia Tenggara.

Gereja Katolik ini juga disebut Paroki Santo Yosef Katedral Pontianak.

Gereja St Yosef, merupakan Gereja Katedral tempat tahta Uskup Keuskupan Agung Pontianak yang kini dipimpin Mgr Agustinus Agus.

Renungan Katolik Minggu 7 Agustus 2022 Pekan Biasa XIX Lengkap Bacaan Injil dan Mazmur Tanggapan

Disadur dari wikipedia, pembangunan gereja pertama sebagai pusat paroki dimulai sejak tahun 1908 oleh Prefek Apostolik Dutch Borneo Mgr Pacificus Bos, OFMCap.

Pembangunan dilakukan setelah pembelian tanah untuk membangun gereja, pastoran, rumah yatim-piatu, sekolah, pemakaman, dan susteran.

Kemudian gereja tersebut diberkati pada 9 Desember 1909, sekaligus berdirinya paroki secara resmi.

Menjadi gereja katedral sejak 17 November 1918 seiring dengan ditahbiskannya Mgr. Jan Pacificus Bos, OFMCap menjadi Uskup Tituler Capitolias, merangkap Vikaris Apostolik Dutch Borneo, dan paroki berubah menjadi Paroki Katedral Pontianak.

Seiring perkembangan umat dan keadaan fisik bangunan gereja awal yang sudah tidak layak, maka bangunan tersebut dirubuhkan pada tahun 2011 untuk dibangun gereja baru yang berkapasitas 3.000 orang.

Gereja St. Yosef yang baru dibangun dengan perpaduan arsitektur Romawi dan Timur Tengah.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved