Cegah PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Sayan Gelar Pengecekan Hewan Ternak Warga Binaannya

apabila ditemukan gejala PMK pada hewan ternak milik masyarakat tersebut agar segera dilakukan langkah-langkah antisipasi untuk mencegah penularan

Editor: Jamadin
Dok. Polsek Sayan
Bhabinkamtibmas Polsek Sayan Jajaran Polres Melawi Polda Kalbar Bripka Dedi Darmawan melakukan pengecekan dan pendataan di Dusun Serba Guna Desa Nanga Kasai Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi, Jumat 5 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MELAWI - Cegah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayahnya, Bhabinkamtibmas Polsek Sayan Jajaran Polres Melawi Polda Kalbar Bripka Dedi Darmawan melakukan pengecekan dan pendataan di Dusun Serba Guna Desa Nanga Kasai Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi, Jumat 5 Agustus 2022.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kapolsek Sayan Ipda Noviyar Yunus menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan oleh anggotanya untuk memonitoring terkait wabah atau virus PMK (penyakit mulut dan kuku) yang saat ini menyerang hewan ternak seperti sapi, babi dan kambing.

Ipda Noviyar Yunus juga mengatakan setelah melakukan pengecekan terhadap hewan ternak di Desa Nanga Kasai tersebut anggotanya juga memberikan arahan dan imbauan kepada pemilik ternak agar senantiasa mewaspadai penyakit PMK ini dengan langkah antisipasi seperti menjaga kebersihan kandang hewan dan pakan ternak.

"Selain itu anggota kami juga menyampaikan bahwa PMK ini tidak menular kepada manusia, namun tetap waspada dan tidak perlu panik. Kami juga menyampaikan agar segera melaporkan kepada Polsek Sayan apabila ditemukan gejala PMK pada hewan ternak milik masyarakat tersebut agar segera dilakukan langkah-langkah antisipasi untuk mencegah penularan pada hewan ternak lainnya," jelas Ipda Yunus.

"Dari hasil pengecekan dan pendataan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas di Desa Nanga Kasai ini, tidak ditemukan gejala PMK yang menyerang hewan ternak milik masyarakat," tuntasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved