Warga Tanjung Gunung Kayong Utara Peringati Tahun Baru Islam dengan Berdoa Bersama

Dalam memperingati tahun baru Islam, masyarakat di Tanjung Gunung melakukan kegiatan membaca doa keselamatan bersama dan dilanjutkan makan bersama. 

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Masyarakat berkumpul untuk berdoa serta makan bersama dalam memperingati Tahun Baru Islam, di Dusun Tanjung Gunung, Desa Sejahtera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar. Kamis 4 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Memperingati tahun baru Islam, masyarakat di Dusun Tanjung Gunung, Desa Sejahtera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar, berdoa bersama.

Dalam memperingati tahun baru Islam, masyarakat di Tanjung Gunung melakukan kegiatan membaca doa keselamatan bersama dan dilanjutkan makan bersama. 

Lebih menariknya, masyarakat membaca doa secara bersama-sama dengan berombongan dan mengelilingi kampung. Kegiatan tersebut, dipimpin oleh pemuka agama yang melakukan pembacaan doa keselamatan.

27 Desa di Kabupaten Kayong Utara Akan Gelar Pilkades Serentan pada 16 Oktober 2022

Mengenai hal itu, Imam masjid di daerah Desa Sejahtera, Sikan menyampaikan kegiatan yang dilakukan masyarakat bertujuan untuk mendapat keselamatan melalui doa bersama. 

"Seperti untuk keselamatan, berharap supaya aman dari apapun," ucap Imam Sikan, Jumat 5 Agustus 2022

Lebih lanjut, Imam Sikan bersama rombongan berjalan kaki di sepanjang Dusun tersebut dengan membaca doa.

Selanjutnya, warga menyiapkan air yang disimpan dalam teko diletakkan depan rumah. Menurut kepercayaan warga sekitar, supaya mendapatkan keselamatan melalui air buang yang telah didoakan ini.

Sementara itu, Tokoh pemuda sekaligus panitia, Mahfudin Affandi menyampaikan semoga doa bersama yang telah dilakukan untuk keselamatan dan kesejahteraan warga di Dusun Tanjung Gunung, Desa Sejahtera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar.

Dirinya menuturkan, kegiatan tersebut diberi nama Baca Do'a Qasah Kampung, dalam menyambut dan memperingati Tahun Baru Islam yang bertujuan meminta keselamatan untuk seluruh warga kepada Tuhan.

Tentunya masyarakat di dusun tersebut, berdoa bersama untuk keselamatan dan kesejahteraan bersama.

"Dengan dilaksanakan Do'a Qasah, dari selasa-kamis sore bertujuan untuk kesejahteraan warga Tanjung Gunung, aman dan sejahtera," ujar Mahfudin.

Ia menerangkan, pelaksanaan Do'a Qasah ini memiliki tujuan yang positif. Untuk itu, nanti akan diusahakan dalam pelaksanaan rutin tahunan. 

"Do'a Qasah tujuannya untuk keselamatan,” tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved