Komisioner dan Staf Bawaslu Kota Pontianak Pastikan Tak Terdaftar dalam Sipol

Anggota Bawaslu Kota Pontianak, Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi, Isfiansyah mengatakan berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan

Penulis: Muhammad Luthfi | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Anggota Bawaslu Kota Pontianak, Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi, Isfiansyah 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pontianak memastikan tidak ada satupun komisioner maupun staf yang masuk ataupun terdaftar sebagai anggota Partai politik. 

Anggota Bawaslu Kota Pontianak, Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi, Isfiansyah mengatakan berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan di Bawaslu Kota Pontianak dan mengecek secara mandiri di website info.pemilu.kpu.go.id. 

"Kita sudah melakukan pengecekan dan meminta kepada seluruh staf untuk melakukan pengecekan secara mandiri apakah terdaftar atau tidak sebagai anggota Parpol," ungkap Isfiansyah, Jumat 5 Agustus 2022.

KMKS Mendata Maba yang Kuliah di Pontianak, Harap Pemda Berikan Beasiswa untuk Calon Maba

Ia menegaskan sampai saat ini seluruh komisioner maupun staf setelah melakukan pengecekan tidak ada satupun yang terdaftar dalam sistem informasi Partai Politik (Sipol). 

“Sampai saat ini aman dan tidak ada yang terdaftar sebagai anggota parpol," tegasnya. 

Menurutnya intruksi pengecekan dilakukan sebagai langkah dan antisipasi agar tidak adanya pencatutan penyelenggara Pemilu di Bawaslu Kota Pontianak yang menjadi bagian atau terdaftar sebagai anggota Partai Politik. 

"Kekhawatiran adanya pencatutan nama sebagai anggota partai politik. Sehingga kita lakukan pengecekan jangan sampai adanya pencatutan nama penyelenggara Pemilu khususnya di Bawaslu Kota Pontianak," katanya.

Ia menambahkan keanggotaan Parpol merupakan salah satu syarat penting pendaftaran sebagai calon peserta Pemilu. 

Sesuai UU Pemilu, syarat untuk menjadi peserta Pemilu adalah memiliki 1.000 anggota atau 1/1000 dari jumlah penduduk kabupaten/kota. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved