Pekan Gawai Dayak Sintang Selesai, Elemen Masyarakat Keroyokan Bersihkan Rumah Betang

“Kita semua tahu kondisi Betang usai gawai kemarin. Sampah di mana-mana, bangunan lapak masih ada, dan lantai Betang yang kotor. Kita mulai melakukan

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Kominfo Sintang
Jajaran Panitia Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Ke IX Tahun 2022 dibantu jajaran Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Sintang, pelajar SMA Panca Setya Sintang dan elemen lainnya, keroyokan membersihkan kompleks Betang Jerora Satu selama dua hari berturut-turut usai gawai dayak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Ke IX Tahun 2022 berlangsung sukses dan lancar. Semua agenda kegiatan dan perlombaan dilaksanakan dengan baik.

Selama gawai dilaksanakan, menyisakan sampah dan kotornya bagian dalam rumah hingga halaman Betang Jerora. Oleh karenanya, jajaran Panitia Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Ke IX Tahun 2022 dibantu jajaran Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Sintang, pelajar SMA Panca Setya Sintang dan elemen lainnya, keroyokan membersihkan kompleks Betang Jerora Satu selama dua hari berturut-turut.

Ketua Panitia Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Ke IX Tahun 2022, Selimin menjelaskan bahwa kegiatan gotong royong membersihkan kompleks Rumah Betang Jerora Satu ini memang harus dilakukan mengingat luasnya area Betang dan banyak sampah sisa kegiatan Gawai Dayak.

DPRD Tetapkan Melkianus dan Hardoyo Cawabup Sintang, Pemungutan Suara 5 Agustus 2022 Secara Tertutup

“Kita semua tahu kondisi Betang usai gawai kemarin. Sampah di mana-mana, bangunan lapak masih ada, dan lantai Betang yang kotor. Kita mulai melakukan gotong royong ini sejak Selasa, 2 Agustus 2022 sampai Rabu, 3 Agustus 2022. Selama dua hari kita membersihkan kompleks Betang Jerora Satu. Saat ini kondisi rumah Betang Jerora Satu sudah bersih seperti sebelum pelaksanaan Gawai Dayak 2022,” ujar Selimin.

Menurut Selimin, membersihkan kompleks Betang Jerora Satu ini sebagai bentuk tanggungjawab bersama untuk menjaga Betang kebanggaan masyarakat.

Selimin menceritakan bahwa pihak-pihak yang mau bergabung dalam aksi gotong royong membersihkan rumah Betang selama dua hari sudah membongkar lapak-lapak yang ada, lalu membakar sisa-sisa material lapak.

"Terima kasih atas keterlibatan siapa saja dalam gotong royong membersihkan Betang Jerora Satu. sekarang kondisi Betang sudah bersih. Dan siap digunakan kembali oleh masyarakat Kabupaten Sintang. Saya bangga dengan teman-teman yang mau terlibat dalam aksi bersih-bersih ini," ujar Selimin. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved