Profil

PROFIL Mahfud MD, MENKO & Tokoh Politik Nasional Sekaligus Guru Besar

Prof. DR. H. Mohammad Mahfud Mahmodin,S.H., S.U., M.I.P. (lahir 13 Mei 1957) yang lebih dikenal dengan nama Mahfud MD seorang politisi dan akademisi.

Tribunnews
MEKOPOLHUKAM-Tokoh Politik Nasional sekaligus Akademisi Kebangsaan Asal Madura 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Berikut ini adalah Profil Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia.

Prof. DR. H. Mohammad Mahfud Mahmodin,S.H., S.U., M.I.P. (lahir 13 Mei 1957) yang lebih dikenal dengan nama Mahfud MD adalah seorang politisi, akademisi dan hakim berkebangsaan Indonesia.

Dia saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019–2024 Pemerintahan Presiden Joko Widodo-K.H Ma'ruf Amin.

Mahfud MD dilantik sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019 dan menjadi orang berlatar belakang sipil pertama yang mengemban jabatan tersebut.

Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 dan Hakim Konstitusi periode 2008-2013.

Sebelumnya Mahfud adalah anggota DPR dan Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional.

Ia meraih gelar Doktor pada tahun 1993 dari Universitas Gadjah Mada. Sebelum diangkat sebagai Menteri, Ia adalah pengajar dan Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Semasa muda ia juga aktif sebagai aktivis PII dan HMI.

PROFIL Prabowo Subianto, Dari Dinas Militer Hingga Menteri Pertahanan

Keluarga

Mahfud lahir dari pasangan Mahmodin dan Siti Khadijah.

Mahfud lahir dengan nama mononim, namun gurunya memutuskan untuk menambahkan nama ayahnya, Mahmodin, untuk membedakannya dengan murid-murid lain yang bernama Mahfud di sekolahnya.

Mahfud MD menikah dengan Hj. Zaizatoen Nihajati, SH. (Yatie), gadis teman kuliahnya di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, pada tahun 1982.

Yatie adalah perempuan kelahiran Jember, 18 November 1959 anak kedua dari delapan bersaudara pasangan Sya’roni dan Shofiyah. Zaizatoen Nihajati berijazah Sarjana Hukum dan pernah bekerja sebagai guru SMA.

Tetapi ketika Mahfud MD diangkat menjadi Menteri dan harus berpindah ke Jakarta maka pekerjaannya sebagai guru ditinggalkannya sampai sekarang.

Mahfud dan Yatie bertemu pertama kali di kampus Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia pada 1978 saat keduanya sama-sama aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved