Prodi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI menyelenggarakan PKM di Masyarakat Dayak Gado Kabupaten Landak

Upaya program studi pendidikan sejarah yang ingin merintis Museum Dayak Gado merupakan kegiatan rutin yang tahun lalu sudah di lakukan

Penulis: Maskartini | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Foto bersama dengan masyarakat setempat saat IKIP PGRI Pontianak melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Mempawah Hulu Kabupaten Landak. 

Citizen Reporter

Fauzi Muliji

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - IKIP PGRI Pontianak melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Mempawah Hulu Kabupaten Landak sebagai bagian dari tridarma perguruan tinggi. Kegiatan ini di lakukan oleh dosen prodi pendidikan sejarah Minggu, 24 Juli 2022.

Sebelum menyelenggarakan PKM team dosen yang terdiri dari Dr. Muhammad Syaifulloh, M.Pd, Dr. Hana M. M.Pd, Agus Dediansyah, Sahid Hidayat, M.Pd dan Dr.Basuki Wibowo, M.Pd menyelenggarakan riset tentang Dayak Gado. Hasil dari penelitian tersebut kemudian di jadikan sebagai media untuk mewariskan budaya kepada generasi muda.

Kegiatan yang di selenggarakan selama 2 hari ini merupakan upaya program studi pendidikan sejarah untuk mengenalkan sejarah lokal Masyarakat Dayak Gado kepada generasi muda terutama anak-anak. Anak-anak menyambut antusias kegiatan ini karena mereka mendapat cerita tentang daerahnya dengan pendekatan sesuai dengan umur mereka.

Dr. Muhammad Syaifulloh, M.Pd selaku ketua kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini akan di tindak lanjuti oleh laboratorium Historica Didactica pelatihan pengelolaan barang peninggalan Masyarakat menjadi Museum Dayak Gado.

Upaya program studi pendidikan sejarah yang ingin merintis Museum Dayak Gado merupakan kegiatan rutin yang tahun lalu sudah di lakukan di Kabupaten Sambas dengan merintis Museum Tenun Sahidah Sambas (MTSS).

Program ini sesuai dengan slogan The Best IKIP PGRI Pontianak. Rektor IKIP PGRI Pontianak, M. Firdaus, M.Pd mendorong IKIP PGRI Pontianak sebagai pelopor adanya museum pendidikan di Kalimantan Barat. (*)

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved