Patricia Elfira Vinny, PNS Cantik yang Pernah Jadi Mahasiswa Terbaik se-Magister Psikologi Profesi

ia mengatakan tidak ada pendekatan khusus. Untuk pasien anak-anak, ia lebih menggunakan bahasa yang lebih enak didengar dan menyenangkan.

Penulis: Maskartini | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Patricia Elfira Vinny (Dok Patricia Elfira) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sempat memilih psikolog pendidikan, Patricia Elfira Vinny yang merupakan PNS di Rumah Sakit Jiwa Sungai Bangkong menetapkan pilihan pada psikolog klinis mengikuti keinginan orang tua.

Ternyata, seiring berjalannya waktu dengan segala upaya dan ia tidak menemukan hal-hal yang ia takutkan dari jurusan psikologi klinis. Sehingga sampailah di titik Patricia mendapatkan predikat lulusan terbaik se-magister dengan IPK cumlaude.

"Setelah menjadi seorang psikolog, sebelumnya saya bisa menangani semua kalangan. Tapi seiring berjalannya waktu, saya lebih tertarik pada penanganan atau masalah-masalah yang terjadi pada anak-anak dan remaja. Saya merasa masalah mereka yang tertangani sejak dini akan berdampak saat mereka dewasa, ibaratnya lebih baik mencegah daripada mengobati," ceritanya Sabtu, 23 Juli 2022.

Patricia mengaku tantangan untuk menghadapi pasien-pasien yang dengan gangguan kejiwaan itu memang sangat berat. Karena memang, pertama penanganan mereka kata dia tentunya bukan hanya dengan konseling tapi juga dengan penanganan obat.

Tubuh Terbakar Hingga 90 Persen, Pria Pelaku Bakar Diri di Pontianak Meninggal Dunia

"Apalagi kalau obat itu kan ada efek samping, kalau obat itu putus atau tidak dikonsumsi akan menyebabkannya banyak efek samping bagi si pasien. Jadi kalau misalnya pada saat mereka kambuh karena obatnya habis dan datang ke psikolog," ujarnya.

Sejauh ini, ia mengatakan tidak ada pendekatan khusus. Untuk pasien anak-anak, ia lebih menggunakan bahasa yang lebih enak didengar dan menyenangkan.

Kapan Harus ke Psikolog

Seseorang kata Patricia bisa berkonsultasi ke psikolog saat merasa tidak nyaman dan stress terus-menerus. Kemudian mungkin ada yang di khawatir akan tapi tidak ada sebab sama sekali atau merasa ada pikiran-pikiran negatif yang muncul juga tidak terlalu signifikan penyebabnya.

"Nah itu, boleh lah datang ke psikolog. Sebaiknya sebelum mengalami masalah- masalah yang lebih berat atau stres menjadi lebih berat atau depresi, lebih baik segera untuk memeriksakan diri ke psikolog juga tidak apa-apa," ujarnya.

Biodata Lifestyle

Nama lengkap: Patricia Elfira Vinny S Psi M Psi

Tempat lahir: Pontianak

Tanggal lahir: 15 September 1989

Alamat: jl Tabrani Ahmad gang berkah

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved