Personel Polsek Monterado Bersama Manggala Agni Lakukan Pengecekan Titik Api di Desa Siaga

Kami menghimbau kepada seluruh warga Kecamatan Monterado agar membuka lahan pertanian tidak dengan cara membakar hutan dan lahan

Editor: Jamadin
Dok. Polsek Monterado
Personel Polsek Monterado Polres Bengkayang bersama Daops Manggala Agni IX/ Singkawang melakukan pengecekan titik Hotspot, Kamis 21 Juli 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANGUntuk mengantisipasi meluasnya Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla ), Polsek Monterado Polres Bengkayang Polda Kalbar bersama Daops Manggala Agni IX/ Singkawang melakukan pengecekan titik Hotspot , Kamis 21 Juli 2022.

Personil Polsek Monterado Bripka I nyoman, bersama dua personel Daops Manggala Agni IX/Singkawang Robinus Robby dan Veroyandi Bun mendatangi TKP Karhutla.

Titik Hotspot yang terdeteksi oleh Satelit LPN-NPP pada tanggal 20 Juli 2022 menunjukkan tepatnya di desa Siaga Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

Saat tiba di lokasi titik koordinat Hotspot tersebut, personil menemukan adanya lahan seluas kurang lebih 1 hektar telah terbakar dan sudah dalam keadaan padam.

Brimob Kalbar Latihan Kemampuan SAR Antisipasi Kesalahan Prosedur Dalam Penanganan Karhutla

Dari keterangan warga setempat, diketahui lahan yang terbakar tersebut merupakan milik DD, yang mana lahan tersebut akan digunakan untuk di tanami padi dan jagung.

Saat ditemui, IPTU Edy Wuriyawan , S.H, M.H., mengatakan bahwa pihaknya masih mengumpulkan data dan keterangan terkait Karhutla yang terjadi di wilayah desa Siaga Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga Kecamatan Monterado agar membuka lahan pertanian tidak dengan cara membakar hutan dan lahan , seperti yang tertulis pada pasal 108 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang merupakan dasar hukumnya”, terang Kapolsek Monterado , Edy Wuriyawan .

Kemudian Personil Polsek Monterado bersama dengan Personel Manggala agni mencoba untuk mencari sisa-sisa bara api Karhutla yang masih ada dan coba untuk memadamkannya dengan peralatan seadanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved