Kemenag Mempawah Nilai Positif Mahasiswa PPL IAIN Pontianak

"Ini pengalaman baru bagi mahasiswa kami. Mereka dapat memahami administrasi di lembaga pemerintahan. Hal ini merupakan suatu kehormatan dan bekal bag

Penulis: Ramadhan | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Humas Kemenag Mempawah
Kepala Kemenag Mempawah, Hasib Arista, bersama jajarannya ketika perpisahan dengan mahasiswa PPL IAIN Pontianak di halaman Kemenag Mempawah, Jumat 22 Juli 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, Hasib Arista, mengaku terkesan dan terbantukan dengan hadirnya mahasiswa IAIN Pontianak yang melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Hal itu disampaikan Hasib Arista ketika sambutan perpisahan dengan mahasiswa PPL IAIN Pontianak di halaman Kemenag Mempawah, Jumat 22 Juli 2022 pagi.

“Saya yakin dan percaya, selama sebulan PPL di Kemenag Mempawah, kalian mendapatkan pengalaman dan ilmu sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan dimasa yang akan datang. Kami merasa terbantu dengan adanya mahasiswa yang PPL di Kemenag Mempawah ini,” ungkap Hasib Arista.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak, Dr. Cucu Nurjamilah, mengucapkan terimakasih kepada Kemenag Mempawah yang telah menerima dan membimbingnya saat PPL.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kemenag Mempawah beserta jajarannya yang berkenan menerima dan membimbing mahasiswa kami untuk praktik pengalaman lapangan selama satu bulan," ujarnya.

"Ini pengalaman baru bagi mahasiswa kami. Mereka dapat memahami administrasi di lembaga pemerintahan. Hal ini merupakan suatu kehormatan dan bekal bagi mahasiswa kami," katanya.

Menunggu Kepulangan Jamaah Haji Asal Mempawah, Mulyadi: Alhamdulillah Kondisi Jemaah Sehat

Dirinya berharap, hubungan yang telah terbangun dengan baik ini dapat ditingkatkan dimasa mendatang, baik pada program PPL maupun program pengemban mahasiswa dan dosen.

"Kami juga memohon maaf bila selama melaksanakan PPL di tempat tugas ada sikap dan ucapan mahasiswa yang kurang berkenan,” ujarnya.

Diketahui bahwa sebanyak lima orang mahasiswa FEBI IAIN Pontianak melakukan PPL di Kemenag Mempawah.

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Mempawah, Mahmud Jayadi selaku Dosen Pamong memberikan komentarnya, dan dirinya sangat mengapresiasi mahasiswa PPL IAIN.

“Kami memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang PPL di Kemenag Mempawah. Kami menilai mereka disiplin, mempunyai sopan santun yang baik, tekun bekerja, dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi terhadap administrasi di Bimas Islam maupun di seksi-seksi yang lainnya sesuai penempatan. Secara umum mahasiswa IAIN Pontianak yang melakukan PPL di Kemenag Mempawah sangat bagus,” ungkap Mahmud.

Sementara itu, salah satu peserta mahasiswa PPL IAIN Pontianak, Fadilah menyampaikan pengalaman selama PPL di Kemenag Mempawah yang sangat berkesan.

"Awal pertemuan kami merasa canggung. Namun, semakin kita mengenal atau sering melakukan komunikasi secara langsung, membuat kita semakin mengenal satu sama lain. Kami mendapatkan berbagai macam pelajaran yang sangat bermanfaat," katanya.

"Kami jadi mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan, apa kendala yang sedang dihadapi, dan bagaimana cara mengatasinya, itu merupakan pelajaran yang berharga dan pengetahuan yang luar biasa. Kami berterima kasih atas penerimaan terbuka dan bimbingan yang sangat bermakna. Kami juga memohon mohon maaf untuk semua hal yang tidak sepantasnya kami lakukan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara perpisahan itu, Kepala Kemenag Mempawah Hasib Arista, Kasubbag Tata Usaha Ishak, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Rudiansah dan para mahasiswa PPL IAIN Pontianak. Usai penyerahan cenderamata, dilakukan sesi foto bersama. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved