Kopi Gayo Si Emas Hitam dari Tanah Gayo Aceh Tengah! Rasa dan Aromanya Menembus Dunia

Perkebunan kopi yang telah dikembangkan sejak tahun 1908 ini tumbuh subur di Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan sebagian kecil wilayah Gayo Lues.

Editor: Marlen Sitinjak
KOLASE TRIBUN PONTIANAK
Kopi Gayo merupakan varietas kopi arabika yang menjadi satu di antara komoditi unggulan yang berasal dari Dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah, Indonesia. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bagi Anda yang suka ngopi, tak lengkap rasanya kalau belum menikmati Kopi Gayo. Emas hitam tersertifikasi dari ujung barat Indonesia yang mendunia.

Kopi Gayo merupakan varietas kopi arabika yang menjadi satu di antara komoditi unggulan yang berasal dari Dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah, Indonesia.

Kopi Gayo telah mendapatkan Fair Trade Certified™ dari Organisasi Internasional Fair Trade pada tanggal 27 Mei 2010, Kopi Gayo menerima sertifikat IG (Indikasi Geografis) diserahkan oleh Kemenkumham RI.

Kemudian pada Event Lelang Special Kopi Indonesia tanggal 10 Oktober 2010 di Bali, kembali Kopi Gayo memperoleh peringkat tertinggi saat cupping score.

Sertifikasi dan prestasi tersebut kian memantapkan posisi Kopi Gayo sebagai kopi organik terbaik dunia.

Nyaman di Lidah Aman di Lambung, Serumput Kopi Khas Kota Pontianak

Perkebunan kopi yang telah dikembangkan sejak tahun 1908 ini tumbuh subur di Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan sebagian kecil wilayah Gayo Lues.

Ketiga daerah yang berada di ketinggian 1200 m di atas permukaan laut tersebut memiliki perkebunan kopi terluas di Indonesia, yaitu sekitar 81.000 hektar.

Masing-masing 42.000 hektar berada di Kabupaten Bener Meriah, selebihnya (39.000 hektar) di Kabupaten Aceh Tengah.

Masyarakat Gayo berprofesi sebagai petani kopi dengan dominasi varietas Arabika. Produksi kopi arabika yang dihasilkan dari Tanah Gayo merupakan yang terbesar di Asia.

Adapun penyebaran tumbuhan kopi ke Indonesia dibawa seorang berkebangsaan Belanda pada abad ke-17 yang mendapatkan biji arabika mocca dari Arabia ke Batavia (Jakarta).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved