BMKG Minta Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Kalbar

Perlu di waspadai dampak yang akan terjadi yaitu banjir, genangan, tanah longsor, pohon tumbang dan lainnya, potensi kemudahan terjadi kebakaran hutan

web.meteo.go.id
Peta Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Indonesia Dua Hari Kedepan 20-21 Juli 2022. Cek Update Peringatan Dini BMKG Potensi Cuaca Ekstrem. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - BMKG mengingatkan warga untuk waspada potensi cuaca ekstrem di Kalbar hingga 26 Juli 2022 mendatang.

Menurut BMKG, cuaca ekstrem hujan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat yang diperkirakan akan terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat pada periode tanggal 21 s.d. 26 Juli 2022. Cuaca ekstrem diperkirakan akan terjadi disebagian besar wilayah Kalimantan Barat, terutama di Kalimantan bagian timur yaitu Kab./Kota: Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, dan Sekadau juga di Pesisir Kalimantan Barat yaitu Kab./Kota: Sambas, Singkawang, Bengkayang, Mempawah, Pontianak, Kubu Raya, Kayong Utara dan Ketapang.

Perlu di waspadai dampak yang akan terjadi yaitu banjir, genangan, tanah longsor, pohon tumbang dan lainnya, potensi kemudahan terjadi kebakaran hutan dan lahan akan dominan pada kategori aman.

Peringatan Dini BMKG Kalteng, Cuaca Palangkaraya Hari Ini 21 Juli 2022 & Cuaca Palangkaraya Besok

Tinggi gelombang diperkirakan juga akan terjadi peningkatan, pada kategori menengah yaitu 1.25 hingga 2.5 meter di laut Natuna Utara, Laut Natuna, perairan Kep. Karimata.

Namun demikian, perlu diwaspadai juga potensi peningkatan tinggi gelombang di laut dan perairan sebelah barat Kalbar saat terjadi cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang selama 1 minggu ke depan.

Pasang air laut di Pesisir Barat Kalimantan Barat sampai tanggal 26 Juli 2022 belum berada pada fase maksimum.

Diperkirakan fase pasang air laut maksimum disekitar kota Pontianak akan terjadi pada periode tanggal 27 hingga 30 Juli 2022 setinggi 1.7 meter, sementara disekitar kendawangan, Kab. Ketapang puncak pasang air laut akan terjadi pada periode tanggal 27 hingga 29 Juli 2022 setinggi 1.8 meter. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved