Masuk Pusat Perbelanjaan Wajib Vaksin Booster, Antisipasi Melonjaknya Kasus Covid-19

Ketentuan tersebut tercantum dalam surat edaran terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Editor: Jamadin
Dok. Humas Polda Kalbar
Launching Gerakan 1 Juta Vaksinasi Booster, Kamis 21 April 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Vaksin booster jadi syarat masuk mal dan berbagai tempat umum lainnya. Aturan ini sebagai langkah untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19.

Ketentuan tersebut tercantum dalam surat edaran terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) Nomor 440/3927/SJ tentang Percepatan Vaksinasi Dosis Lanjutan (Booster) Bagi Masyarakat, pengunjung pusat perbelanjaan atau mal kini harus sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster). SE Mendagri tersebut diteken pada Senin 11 Juli 2022 oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

Pada poin B dalam SE tersebut menyebutkan, "Kepada bupati atau wali kota, mewajibkan vaksinasi booster sebagai persyaratan untuk memasuki fasilitas publik atau fasilitas umum, antara lain perkantoran, pabrik, taman umum, tempat wisata, lokasi seni dan budaya, restoran atau rumah makan, kafe, pusat perbelanjaan atau mal serta pusat perdagangan, dan area publik lainnya."

Namun, syarat vaksin booster untuk masuk mal tidak berlaku untuk penderita komorbid dan kondisi kesehatan khusus. Namun, mereka wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan mereka tidak dapat divaksinasi karena alasan kesehatan.

Sedangkan pengunjung mal dengan kategori usia di bawah 18 tahun tidak dikenakan syarat vaksin booster untuk masuk mal. Berdasarkan Inmendagri Nomor 35 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat pada Kondisi Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, anak usia 18 tahun yang akan berkunjung ke mal harus memperhatikan aturan sebagai berikut: Anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi oleh orangtua.

Selanjutnya Anak usia 6-12 tahun pengunjung mal wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama. Anak usia 6-12 tahun yang akan mengunjungi tempat bermain anak-anak dan tempat hiburan di dalam mal, wajib menunjukkan bukti vaskinasi lengkap.

Pengusaha Kafe Was-was Pemberlakuan Wajib Booster di Tempat Publik Kurangi Kunjungan

Pengelola Patuh

Sementara itu Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menegaskan pihaknya akan menindaklanjuti kebijakan yang dibuat Kemendagri.

Ia juga akan tegas kepada sejumlah pihak yang melanggar, termasuk memberikan sanski sesuai aturan yang berlaku. “Kita akan lakukan sesuai dengan arahan pemerintah pusat,” ujarnya, Senin 18 Juli 2022.

Edi mengatakan saat ini Pemkot Pontianak sudah mulai melakukan sosialisasi kepada jajaran Diskes Kota Pontianak. “Untuk di daerah kita sudah mulai sosialisaikan di jajaran Dinas Kesehatan.

Sosialisasi juga kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan dan vaksinasi,” tukasnya.
Terkait aturan wajib booster, sejumlah pengelola kafe mengatakan akan mematuhi aturan tersebut. Per hari Minggu, 17 Juli 2022 pemerintah telah resmi menerapkan aturan yang mewajibkan booster atau vaksinasi dosis ketiga covid-19 sebagai syarat masuk mal dan area publik lainnya.

Manager Upgrade Café, Jl Suprapto, Bambang, mengatakan jika memang pandemi covid masih belum terkendali maka masyarakat wajib mematuhi dan tidak menolak aturan tersebut.

"Jika memang masih ada maka patuhi aja, tidak boleh menolak masing-masing harus saling menjaga," kata Bambang.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved