Butuh Peran Jurnalis Mempromosikan Produk UMKM Tanaman Pangan dan Hortikultura

Dengan tahu kebutuhan dan pangsa pasar, para jurnalis juga diharapkan dapat mendorong para petani untuk menanam tanaman yang memiliki peluang pasar.

Editor: Nina Soraya
Tribun Pontianak/Nina Soraya
Kabid Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar, Bader Sasmara (kiri) bersama Trader Komoditas Pertanian, Rian Herfianda saat menjadi narasumber talkshow dengan tema “Memperkuat peran jurnalis dalam memperkenalkan produk UMKM tanaman pangan dan hortikultura” di Kafe Bumi Gemawan Pontianak, Kalimantan Barat pada Selasa 19 Juli 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Negara kuat bila ketahanan pangannya kuat. Maka pertanian merupakan isu strategis untuk dibahas bersama, tidak hanya para pengusaha, stakeholder bahkan Jurnalis pun mesti diajak untuk membicarakan ini.

Hal ini diungkapkan Kabid Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar, Bader Sasmara saat menjadi narasumber talkshow Bincang Antara dengan tema “Memperkuat peran jurnalis dalam memperkenalkan produk UMKM tanaman pangan dan hortikultura” di Kafe Bumi Gemawan Pontianak, Kalimantan Barat pada Selasa 19 Juli 2022.

Bader Sasmara menyatakan pentingnya para jurnalis dapat mempromosikan kerja-kerja petani yang sangat menjanjikan dan dapat memajukan perekonomian yang tidak kalah dengan pekerjaan lain. 

"Jangan pernah malu menjadi petani," katanya.

Dia berharap jurnalis juga diharapkan mampu mendorong para generasi muda untuk lebih menyukai bekerja sebagai petani.

Oleh kerena untuk mengerjakan pertaninan bila dikerjakan dengan profesional dan dilengkapi pengetahuan yang cukup tentang pertanian dan peralatan pertanian yang modern maka bukan tidak mungkin hasil pertanian itu akan lebih mensejahterakan. Baik bagi pelaku pertanian itu sendiri maupun negara.

Dia juga meminta terkait UMKM dalam memasarkan hasil produk pertanian, bisa didukung oleh para Jurnalis melalui pemberitaannya masing-masing.

Hadiri Sosialisasi Tentang Tata Cara Pembukaan Lahan Bagi Petani Tradisional, Ini Pesan Dedi Apriadi

“Agar sama-sama dapat mendorong bagaimana hasil pertanian Hortikultura itu dapat dipasarkan dengan baik karena yang menjadi kelemahan petani hingga kini adalah terkait dengan manajemen pemasaran hasil pertanian tersebut,” ungkapnya.

Supplier sekaligus Trader Komoditas pertanian, Rian Herfianda, menjelaskan para jurnalis dapat mendorong pelaku UMKM dapat dengan jeli melihat peluang pangsa pasar.

Untuk menjual hasil-hasil produk pertanian dan melakukan peningkatan usaha lainnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved