Barape' Sawa ke-VIII Bengkayang Terlaksana, Darwis Nilai Momentum Lestarikan Adat Istiadat 

Barape'Sawa ini, merupakan puncak dari semua gawai Dayak yang menandai berakhirnya masa panen dan mensyukuri atas hasil panen masyarakat Dayak.

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Rangkaian Kegiatan Barape' Sawa ke VIII yang telah digelar di rumah Adat Ramin Bantang Bengkayang, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalbar. Kamis 7 Juli 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Pelaksanaan Barape' Sawa yang ke VIII yang telah digelar dari tanggal 4 sampai 7 Juli tahun 2022 di rumah Adat Ramin Bantang Bengkayang, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalbar.

Barape'Sawa ini, merupakan puncak dari semua gawai Dayak yang menandai berakhirnya masa panen dan mensyukuri atas hasil panen masyarakat Dayak.

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis yang secara resmi membuka Barape' Sawa dan yang menutup kegiatan tersebut juga.

Polisi Olah TKP Gantung Diri di Monterado Bengkayang, Kapolsek Paparkan Hasilnya

Kegiatan ini diselenggarakan selama 4 hari dengan diisi oleh rangkaian kegiatan ritual adat, karnaval budaya dan lomba adat diantaranya Lomba Bujang Dara, lomba lagu daerah, lomba sumpit, lomba pangka gasing, lomba lukis perisai, lomba sape',

lomba silat rakyat, lomba tato dan lomba ampa pade. Menjadi juara umum pada lomba yang diselenggarakan dalam kegiatan Barape' Sawa ke VIII ini dan memenangkan piala bergilir adalah dari Kecamatan Bengkayang.

Bupati Bengkayang secara langsung mengapresiasi seluruh panitia serta semua pihak yang membantu dalam mensukseskan kegiatan Barape' Sawa yang ke VIII. 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkayang, saya mengucapkan selamat kepada panitia dan seluruh kontingen serta masyarakat Kabupaten Bengkayang yang telah menyelenggarakan event Barape' Sawa yang ke VIII tahun 2022 ini dengan baik dan aman,” ujar Bupati Bengkayang ini.

Dari kegiatan ini, Bupati Darwis berharap jadi momentum untuk melestarikan adat istiadat dan tradisi ditengah-tengah kehidupan masyarakat di Kabupaten Bengkayang. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved