Kunci Jawaban

Bersyukur Atas Keberagaman, Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 129 - 138 Subtema 3 Pembelajaran 1

soal dan jawaban subtema 3 pembelajaran 1 halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136, 137, dan 138 tentang bersyukur atas keberagaman

Penulis: Dhita Mutiasari | Editor: Dhita Mutiasari
Buku Terpadu Tematik SD
Buku tematik SD - Materi soal dan Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Indahnya Kebersamaan Subtema 3 Pembelajaran 1 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 129 - 138. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Inilah soal dan kunci jawaban tema 1 kelas 4 berjudul Indahnya Kebersamaan subtema 3 pembelajaran 1.

Berikut dibahas soal dan jawaban subtema 3 pembelajaran 1 halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136, 137, dan 138 tentang bersyukur atas keberagaman berisi materi percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi hingga makanan tradisional.

Soal dan kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD dan MI dapat digunakan oleh untuk panduan belajar dirumah.

Simak kunci jawaban buku tematik Tema 1 Kelas 4 SD dikutip dari buku tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018 serta beberapa sumber :

Baca juga: Apakah Kamu Pernah Mempunyai Pengalaman Bekerja Sama dengan Teman Berbeda Agama? Tema 1 Kelas 4

Halaman 129

Ayo Berdiskusi

Makanan tradisional Indonesia membutuhkan waktu dalam mengolahnya.

Pembuatnya pun harus ahli membuatnya. Kamu akan belajar tentang seorang ibu pembuat dodol Betawi, makanan tradisional Betawi. Dengarkan gurumu bercerita.

Tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya pada diagram yang telah disediakan. Diskusikan dengan temanmu diagram yang kamu hasilkan. Dengarkan kembali cerita selanjutnya dari gurumu. Lakukan hal yang sama pada diagram berikutnya.

Dodol Betawi Mak Salmah

Sebentar lagi kota Jakarta akan berulang tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Mak Salmah menerima banyak pesanan. Mak Salmah adalah pembuat dodol tradisional betawi di kampungnya. Biasanya, ketika menyambut ulang tahun kota Jakarta banyak pertokoan yang mengadakan Festival Betawi. Makanan betawi menjadi jajanan di festival. Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi menjadi primadona makanan dalam menyambut dirgahayu Jakarta.

Sudah sejak seminggu yang lalu Mak Salmah bekerja keras. Ia dan beberapa ibu-ibu tetangganya membuat adonan dodol. Ketan, gula merah, gula pasir, dan santan dicampur menjadi satu. Membuat dodol betawi membutuhkan kerja sama. Tidak hanya perempuan. Laki-laki pun terlibat dalam pembuatannya.

Biasanya, Mak Salmah dan ibu-ibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras ketan. Adonan dituang kawa, lalu diaduk hingga kental. Proses mengaduk ini dilakukan terus menerus selama 8-12 jam. Pembuatannya memang berat dan lama. Oleh karena itu, pembuatan dodol betawi membutuhkan kerja sama.

Untuk memenuhi pesanannya, Mak Salmah selalu melibatkan tetangga- tetangganya. Mak Salmah ingin rejeki yang diperolehnya dari dodol betawi tidak dirasakannya sendiri. Mak Salmah juga ingin dodol betawi selalu dikenal. Ia ingin warga di sekitarnya juga ikut melestarikan makanan tradisional milik kampung sendiri. Dodol Betawi Mak Salmah ikut melestarikan budaya, memupuk kerja sama, serta menjalin keakraban antarwarga.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved