Sekolah Negeri Mulai Buka Pendaftaran Ulang Siswa Lolos PPDB

Sejumlah sekolah negeri di beberapa wilayah di Kalimantan Barat mulai melakukan daftar ulang bagi siswa yang lolos dalam Penerimaan Peserta Didik Baru

Dok. Polssek Sungai Raya
Suasana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022/2023 di SMA Negeri 1 Sungai Raya, Senin 4 Juli 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sejumlah sekolah negeri di beberapa wilayah di Kalimantan Barat mulai melakukan daftar ulang bagi siswa yang lolos dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022.

Kepala SMAN 7 Kota Pontianak, Ibrahim menuturkan bahwa proses pelaksanaan PPDB di SMAN 7 Pontianak, dari hari pertama pendaftaran hingga proses verifikasi berkas berjalan dengan lancar.

Ibrahim menyebutkan, jumlah kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 7 Pontianak berjumlah 284.

Dirinya juga memaparkan jumlah kuota dari masing-masing empat jalur penerimaan tersebut.

Dikatakannya, untuk kuota zonasi berjumlah 141, prestasi 100, afirmasi 23 orang, prestasi akademik/non akademik 14 dan mutasi 6.

Menurut penuturan Ibrahim, dari empat jalur tersebut ada dua jalur yang pendaftarnya kosong, yaitu jalur afirmasi dan mutasi.

Jaga Kamtibmas Tetap Aman & Lancar, Personel Polsek Sungai Raya Kawal PPDB SMA Negeri 1 Sungai Raya

Kendati demikian, kata dia, sistem secara otomatis akan mengisi kekosongan jalur yang pendaftarnya tidak ada tersebut.

“Tetapi ketika kosong inikan nanti dimasuki oleh jalur lain, satu diantaranya jalur zonasi,”ujarnya pada Tribunpontianak, Senin 4 Juli 2022.

Selain itu ia juga menjelaskan, jika calon peserta didik yang sudah diterima di SMAN 7 Pontianak tidak melakukan daftar ulang sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Dikatakannya, calon peserta didik tersebut dianggap mengundurkan diri.

“Kalau sampai dengan hari terakhir jam terkakhir itu dia tidak mendaftar, maka dia dinyatakan mengundurkan diri,” ungkapnya.

Ibrahmin mengungkapkan, berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, dimana ada kondisi peserta didik tidak melakukan daftar ulang atau memberikan informasi kepada sekolah.

“Dan kami sudah mencoba untuk mensimulasikan itu dari tahun-tahun kemaren, ternyata dia tidak mendaftar sekaligus tidak mengkorfirmasi,”ungkapnya.

Kendati, pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait kebijakan tersebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved