Heri Saman Kembali Jabat Ketua DAD Kabupaten Landak Periode 2022-2027

Sebelumnya dalam Musdad muncul tiga nama Bakal Calon Ketua DAD, yaitu Heri Saman SH MH, dr Karolin Margret Natasa MH, dan Erani ST MT. 

Penulis: Alfon Pardosi | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/TIM DAD Landak
Heri Saman SH MH (tiga dari kiri) kembali menjabat Ketua DAD Kabupaten Landak periode 2022-2027 pada Musdad yang dilaksanakan pada Rabu 29 Juni 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Musyawarah Adat Dayak (Musdad) ke IV Kabupaten Landak tahun 2022 yang sekaligus dalam rangka pemilihan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) periode 2022-2027 selesai dilaksanakan pada Rabu 29 Juni 2022.

Pemilihan yang akhirnya tanpa melalui mekanisme voting tersebut, terpilih kembali Heri Saman SH MH menjadi Ketua DAD Kabupaten Landak masa jabatan 2022 sampai dengan 2027.

Sebelumnya dalam Musdad muncul tiga nama Bakal Calon Ketua DAD, yaitu Heri Saman SH MH, dr Karolin Margret Natasa MH, dan Erani ST MT. 

Personel Polsek Mempawah Hulu Monitoring Giat Vaksinasi di Desa Bilayuk Landak

Para Bakal Calon tersebut dipilih oleh pemilik hak suara yakni dari DAD Kecamatan (13), DAD Kabupaten (1), dan DAD Provinsi (1), melalui voting tertutup.

Kemudian dari ke 3 Bakal Calon tersebut, nama Erani ST MT digugurkan karena tidak siap mengisi formulir yang telah disediakan oleh panitia. Kemudian akhirnya pemilihan dilanjutkan antara Heri Saman SH MH dan dr Karolin Margret Natasa.

Namun ditengah jalannya proses pemilihan yang rencananya akan dilangsungkan dengan voting, dr Karolin Margret Natasa mengusulkan kepada pimpinan sidang untuk dilakukan musyawarah mufakat.

Karena menurut Karolin, kebiasaaan masyarakat adat dayak adalah mengedepankan musyawarah atau yang biasa disebut bahaump. Kemudian sidang diskors, untuk memberikan waktu kepada kedua calon bersama Ketua DAD Provinsi bermusyawarah.

Setelah selesai melaksanakan musyawarah, Karolin pun mengumumkan pengunduran dirinya dalam pencalonan Ketua DAD, dan menyerahkan kepada Heri Saman sebagai Ketua DAD untuk periode 2022-2027.

Karolin menegaskan, sebelumnya memang dicalonkan oleh peserta musyawarah (pemilik hak suara) sebagai Ketua DAD Kabupaten Landak.

Namun perkembangan situasi Musdad yang memanas, maka dirinya mengusulkan musyawarah mufakat dalam pengambilan keputusan. Agar menjaga dan memelihara marwah DAD. 

Hasil musyawarah memutuskan memberikan amanah sebagai Ketua DAD kepada Heri Saman. Dengan catatan DAD harus segera melakukan pembenahan manajemen organisasi, dan lebih mendengarkan aspirasi masyarakat dayak di akar rumput.

Karolin juga memaparkan, upaya mundur yang dilakukannya demi masa depan masyarakat dayak khususnya Kabupaten Landak. Sehingga ia berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat, agar menghindari gesekan antar pendukung.

"Saya mengucapkan selamat untuk Heri Saman, semoga amanah dalam menjalankan tugas sebagai Ketua DAD dan berharap ke depan masyarakat Dayak lebih baik dan lebih maju lagi," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved