Sa'ur Harap Organisasi Kepemudaan di Tingkat Desa Kreatif dan Inovatif Munculkan Program Produktif

Selain pemuda memiliki jiwa semangat tinggi. Pemuda juga memiliki peluang besar dalam berperan aktif dalam pembangunan.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Muhammad rokib
Pemuda Pegiat Desa (PPD) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat Sa'ur Ramadhan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Organisasi kepemudaan di tingkat Desa merupakan salah satu pelopor maju-mundurnya sebuah Desa.

Semangat para pemuda dalam membangun Desa menjadi suatu hal penting dalam menilai gerakan pemuda dalam berkontribusi untuk Desa.

Ada banyak organisasi kepemudaan di tingkat, baik yang sudah memiliki payung hukum formal dari pemerintah maupun non formal, seperti Karang Taruna, BUMDes dan lainnya

Pemuda Pegiat Desa (PPD) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Sa'ur Ramadhan menilai, kehadiran para pemuda di tengah masyarakat sangat diperlukan.

Pemkab Kubu Raya Gelar Lomba Festival Kreatif dalam Momentum HUT ke 15

Selain pemuda memiliki jiwa semangat tinggi. Pemuda juga memiliki peluang besar dalam berperan aktif dalam pembangunan.

Untuk itu, Saur berharap agar para pemuda Desa yang tergabung dalam suatu organisasi ini bisa membuat gebrakan baru yang memiliki dampak positif terhadap masyarakat, lingkungan dan kemajuan Desa itu sendiri.

"Saat ini bukan hanya membahas tentang bagaimana pemuda aktif dalam sebuah kegiatan. Tetapi organisasi kepemudaan di tingkat Desa ini harus mampu membuat suatu program kegiatan yang produktif sehingga ada nilai plus dari kegiatan yang dilaksanakan itu," ujarnya, Jumat 24 Juni 2022.

Menurutnya, banyak program kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh Pemuda Desa, baik di bidang pendidikan, tentang lingkungan, pemberdayaan, peningkatan kualitas SDM dan terpenting kata dia adalah bidang perekonomian.

"Potensi di Desa itu banyak. Pemuda bisa berkolaborasi dengan berbagai, baik pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan termasuk swasta dalam pemanfaatan potensi yang ada untuk kemudian bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa," katanya.

Ia menilai, jika di semua sektor, baik pendidikan, ekonomi dan lainnya bisa bergerak secara aktif dan produktif. Diyakininya, akan tercipta perbaikan tatanan kehidupan masyarakat di pedesaan.

"Sehingga kehidupan masyarakat Desa bisa mandiri dan lebih sejahtera," tukasnya.

Dalam pelaksanaan di lapangan, Saur mengatakan, bahwa para pemuda ini dituntut agar lebih kreatif dan inovatif. Terkhusus kata dia, di era digitalisasi saat ini. Para pemuda bisa memanfaatkan platform digital untuk kegiatan yang lebih produktif.

"Maka kita mengajak para pemuda ini berpikir secara kreatif dan inovatif bagaimana bisa memanfaatkan potensi yang ada di sekeliling kita. Jika kebingungan dengan hal itu, bisa diskusi dan bisa juga membuka tata cara melalui media sosial yang ada. Sehingga kegiatan -kegiatan yang ada ini tidak hanya sebatas sosial saja, tapi ada hasil manfaat yang didapatkan," tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved