EkonomI Inggris Terguncang Harga Sembako hingga Sektor Jasa Melesat! Inflasi Kian Tak Terkendali

Negara maju di belahan benuar Eropa itu, kini menghadapi situasi naiknya harga-harga barang dan jasa di berbagai sektr. Termasuk harga sembako

Editor: Ishak
ROSLAN RAHMAN / AFP
Suasana di satu di antara pelabuhan peti kemas internasional belum lama ini. Baru-baru ini, Inflasi di Inggris makin tajam. Memunculkan kekhawatiran terjadinya resesi global. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Ekonomi Inggris mulai goyah dan terguncang.

Negara maju di belahan benuar Eropa itu, kini menghadapi situasi naiknya harga-harga barang dan jasa.

Tak terkecuali Harga Sembako dan sejenisya.

Baru-baru ini, situasi tersebut bahkan mendorong angka inflasi di Inggris mencapai rekor tertinggi dalam beberapa tahun terakhir!  

Mengakibatkan terguncangnya ekonomi dari negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Situasi itu membatu Bank Sentral Inggris, Bank of England disebut akan bertindak tegas untuk memerangi inflasi tinggi yang memantik kenaikan sejumlah harga barang dan jasa.

Data terbaru menunjukkan inflasi Inggris telah mencapai 9,1 persen alias jadi level tertinggi 40 tahun terakhir.

"Saya ingin masyarakat diyakinkan bahwa kami memiliki semua alat yang kami butuhkan dan tekad untuk mengurangi inflasi dan menurunkannya kembali," kata Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak seperti dilansir Reuters.

Dia menambahkan bahwa pemerintah akan bertanggung jawab dengan menyalurkan pinjaman dan utang, dan bekerja keras untuk meningkatkan produktivitas.

Tingginya inflasi Inggris sendiri sebenarnya sudah bisa ditebak. Dimana data inflasi tersebut sesuai dengan hasil konsensus pada jajak pendapat para ekonom yang dilakukan Reuters.

"Kenaikan harga makanan dan minuman non-alkohol, dibandingkan dengan penurunan tahun lalu, menghasilkan kontribusi kenaikan terbesar pada inflasi," kata Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS).

Di sisi lain, inflasi secara bulanan di Inggris mencapai 0,7% pada bulan Mei 2022. 

Situasi ini mengkhatirkan sejumlah analis yang meprediksi guncangnya perekonomian negara-negara maju bisa mendorong dunia ke dalam Resesi Global yang lebih dalam. (*)

Materi di artikel ini juga telah tayang di laman Kontan.co.id dengan judul Inflasi di Inggris Pecahkan Rekor, Bank of England Bakal Ambil Langkah Tegas

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved