Kemana Wapres Maruf Amin Saat Reshuffle Kabinet Indonesia Maju? Politisi PKS Kritik Jokowi

"Kalau secara fakta yang terjadi harga tidak turun, urusan mafia tanah tidak selesai, cuma gonta-ganti orang sehingga nantinya akan...

Instagram @jokowi
Presiden Joko Widodo saat bercengkarama dan berbicara dengan para pimpinan partai politik di Istana Negara 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kemana Wapres Maruf Amin Saat Reshuffle Kabinet Indonesia Kerja? Politisi PKS Kritik Jokowi.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mereshuffle kabinet pada Rabu 15 Juni 2022 pekan ini.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS Mardani Ali Sera berpendapat, meski Wapres Maruf Amin diketahui tengah berada di Jambi, tapi suasana pelantikan akan terlihat indah ketika Ma'ruf tetap dihubungi secara virtual.

"Kalau perlu ada video call untuk unggah-ungguhnya kita menghargai wapres unggah-ungguhnya kita menghargai beliau orang tua karena Pak Wapres kan betul-betul bekerja keras juga untuk kemenangan Pak Jokowi," ucap Mardani dalam diskusi Polemik Trijaya bertema Dramaturgi Reshuffle," Sabtu 18 Juni 2022.

Kendati demikian, dikatakan Mardani, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

Ia berharap perombakan tersebut dapat dirasakan dalam dua pekan ke depan, misalnya dengan penurunan harga bahan pokok dan pemberantasan mafia tanah.

Daftar Menteri Kabinet Indonesia Maju Pasca Reshuffle, Posisi Airlangga dan Prabowo Subianto Aman

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berbincang dengan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri (ketiga kanan), Mensesneg Pratikno (kedua kanan), Seskab Pramono Anung (ketiga kiri) dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) usai upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Wamen ATR Raja Juli Antoni, Wamendagri John Wempi Watipo dan Wamenaker Afriansyah Noor.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berbincang dengan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri (ketiga kanan), Mensesneg Pratikno (kedua kanan), Seskab Pramono Anung (ketiga kiri) dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) usai upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Wamen ATR Raja Juli Antoni, Wamendagri John Wempi Watipo dan Wamenaker Afriansyah Noor. (Akbar Nugroho Gumay)

"Kalau secara fakta yang terjadi harga tidak turun, urusan mafia tanah tidak selesai, cuma gonta-ganti orang sehingga nantinya akan terjadi seperti permainan bola pemain yang ganti, bukan pelatihnya," katanya.

Mardani melanjutkan, presiden kali ini harus menunjukkan kualitas manajemen yang baik setelah dilakukannya perombakan kabinet.

Selain itu, ia berharap, presiden tegas dalam mengakhiri isu penundaan Pemilu 2024 dan isu perpanjangan jabatan menjadi tiga periode.

"Tinggal beliau betul-betul memberikan warisan Indonesia yang lebih makmur, lebih adil, lebih damai dan lebih demokratis," kata Mardani.

Diketahui hasil reshuffle terbaru, Presiden Jokowi menggaet Hadi Tjahjanto dan Zulkifli Hasan masuk menjadi menteri baru di kabinet Indonesia Maju.

Jumlah Harta Kekayaan Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, Ternyata Hanya Punya Empat Kendaraan

Cek Jumlah Harta Kekayaan Zulkifli Hasan Ketum PAN Dua Periode, Ternyata Punya Banyak Tanah!

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin.
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin. (https://www.wapresri.go.id/)

Marsekal (Purn) TNI Hadi Tjahjanto menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menteri ATR/BPN.

Sementara Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menggantikan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Selain dua nama tersebut, Jokowi juga melantik tiga Wamen atau Wakil Menteri.

Mereka adalah John Wempi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN dan Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PKS Permasalahkan Ketidakhadiran Wapres Ma'ruf Amin Saat Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved