Cegah DBD, Dinkes Kayong Utara Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Upaya antisipasi DBD, Ia menyampaikan imbauan kepada masyarakat tetap disiplin menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/Jovi Lasta
Kantor Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Jumat 7 Januari 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONGUTARA - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, mengimbau masyarakat tetap menjaga kebersihkan lingkungan supaya terhindar dari Demam berdarah dengue atau DBD.

Perkembangan kasus Demam berdarah dengue atau DBD, menjadi atensi bersama dalam upaya melakukan pencegahan.

Atas hal tersebut, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, Kasianus melalui Roni Andio, selaku Pengelola Program DBD Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, menyampaikan perkembangan terkini kasus DBD di wilayah Kabupaten Kayong Utara.

“Untuk saat ini, kasus DBD di Kabupaten Kayong Utara terdapat 2 kasus, dimana 2 kasus ini dari luar misalkan melakukan perjalanan ke daerah lain dan saat pulang ke kayong utara pasien merasakan gejala panas tinggi,” terang Roni, Jumat 17 Juni 2022.

Satlantas Polres Kayong Utara Beri Edukasi Safety Riding kepada Siswa Terkait Tata Tertib Berkendara

Dirinya mengatakan, terhadap 2 kasus DBD ini telah dilakukan penanganan dan kondisi sekarang sudah sehat. Kasus ini didapat pada bulan Januari, untuk dari bulan Februari sampai Juni tidak ada kasus.

“2 kasus DBD didapat pada bulan januari di Kecamatan Sukadana. Bulan februari sampai dengan Juni tidak ada kasus, kondisi sekarang sudah sehat,” ujarnya.

Upaya antisipasi DBD, Ia menyampaikan imbauan kepada masyarakat tetap disiplin menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Untuk antisipasi, Dinas Kesehatan melalui petugas puskesmas menghimbau kepada masyarakat pentingnya menjaga lingkungan di sekitar tempat tinggal dengan menerapkan 3M plus (Menguras, Mengubur dan Menutup). Dan menggunakan lotion anti nyamuk atau memakai kelambu saat tidur. mengingat keadaan cuaca yang saat ini dari hujan ke panas,” tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved