BKSDA Kalbar Evaluasi Sinka Zoo Singkawang, Imbas Buaya Terkam Pengunjung hingga Harimau Lepas

“Disisi lain juga ada ada kelemahan dalam SOP pengelola. Di mana saat itu jam istirahat makan siang dan semua petugas jaga istirahat makan

Editor: ruddy
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Dua peristiwa yakni harimau lepas dan buaya terkam pengunjung Jumat 9 Juni 2022 membuat BKSDA Kalbar melakukan evaluasi terhadap Sinka Zoo Singkawang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK- Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat melakukan evaluasi secara menyeluruh Sinka Zoo Singkawang menuyusul peristiwa pengunjung diterkam buaa.

Seperti diketahui Ilham, seorang pengunjung kebun binantang diserang buaya saat akan mencuci tangan di kolam yang disangkanya kosong pada Jumat 9 Juni 2022.

Akibat kejadian ini, Ilham kehilangan tangan kanan akibat gigitan buaya. Saat ini, Ilham masih dalam perawatan intensif di rumah sakit Abdul Aziz Kota Singkawang.

Insiden di Sinka Zoo Singkawang bukan hanya kali ini terjadi. Tahun 2021 lalu, dua ekor harimau di kebun binatang itu lepas. Insiden ini mengakibatkan seorang pawang meningggal diserang harimau yang lepas.

Insiden demi insiden membuat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kebun binatang.

Hal tersebut dikatakan Kepala BKSDA Kalbar Sadtata Noor Adirahmanta saat dikonfirmasi TribunPontianak.co.id, Sabtu 11 Juni 2022.

Setelah insiden itu terjadi, Sadtata mengaku sudah menerjunkan tim ke lokasi. Dari hasil tim yang berada di lokasi ditemukan ada unsur kelalaian dari pihak pengelola dan juga pengunjung.

"Hasil tim dari lapangan menyampaikan bahwa korban juga memiliki andil dalam insiden ini, yakni dengan melakukan kesalahan masuk ke areal yang sudah diberi pagar.

Kalau areal sudah diberi pagar kan artinya memang tidak boleh untuk sembarang dimasuki, apalagi ini berada di areal kebun binatang,” ujarnya.

“Disisi lain juga ada ada kelemahan dalam SOP pengelola. Di mana saat itu jam istirahat makan siang dan semua petugas jaga istirahat makan, tidak ada pergantian petugas jaga,'' tambah dia.

Kesaksian Korban Diterkam Buaya Sinka Zoo Singkawang: Aku Pasrah saat Ditarik dan Diputar

Dua Harimau Sinka Zoo Lepas, Seorang Warga Kota Singkawang Diterkam dan Meninggal Dunia

Hasil peninjauan pihaknya tersebut dijelaskan Sadtata sudah dilaporkan ke pimpinan di Jakarta dan dimintakan untuk dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap pengelolaan kebun binatang.

Terhadap Sinka Zoo yang memiliki izin sebagai lembaga konservasi (LK) akan diberikan sanksi atas kejadian ini, dimana bentuk sanksi akan ditentukan dari hasil evaluasi.

"Bentuk sanksi akan ditentukan dari hasil evaluasi. Bisa sanksi administrasi sampai pencabutan izin, dan Dalam waktu dekat akan diturunkan tim dari pusat,'' ujarnya. (*)

.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved