Berjuang dari Nol, Hasil Kerja Keras dan Gotong Royong Rademan Terus Diwarisi Empat Generasi

Mereka pun bertiga mengakui jika hasil kerja keras ayahnya lah hingga 4 generasi saat ini terwujud dan tetap menerapkan kerja keras.

Editor: Nina Soraya
Dok/Humas Rademan Family
Keluarga Rademan yang saat ini sudah memiliki generasi ke-4 dan tinggal di Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Merantau dari Kebumen, Jawa Tengah ke Kalbar di Tahun 1926 jaman Belanda, Rademan berjuang dari nol bersama sang Istri dan tinggal di Jalan Meranti.

Ketika itu Rademan dan istri telah memiliki anak pertama bernama Hajah Surati dan dijaman penjajahan Jepang, pindahlah Rademan keluarga ke Jalan Sumur Bor.

Sembari bertani di lahan yang ia miliki, bersama tiga tetangganya diantaranya H Nawawi dan dan H Nawi lahan di kawasan sumur bor di Jalan Danau Sentarum mereka kelola tanah mereka masing-masing dengan berbagai macam tanaman.

Salah satu anak Rademan, Hj Sri Paini menjelaskan ayah dan ibunya menjual berbagai macam tanaman hasil bercocok tanam di lahan yang mereka miliki salah satunya dengan menjual rambutan di pasar.

"Dari menjual rambutan bapak saya juga melakukan aktifitas lain sehingga dikit demi sedikit tanah di Jalan Danah Sentarum bisa dibeli oleh mereka.

Hingga akhirnya memiliki banyak tanah peninggalan dari hasil bertani dan menjual rambutan," katanya saat melaksanakan pertemuan rutin tahunan usai Lebaran.

Gathering dan Halal Bihalal Kerukunan Keluarga Besar H Rademan

Ketiga anak Rademan, H Ratijo, Hj Sri Paini dan Hj Sri Widayaton saat menceritakan sejarah ayah mereka mengakui jika Rademan yang buta huruf tetapi mampu mendidik anaknya yang hampir semuanya menjadi guru.

"Doktrin beliau yang mengandung motivasi bahwa anak-anak harus lebih berhasil pendidikannya itu yang memotivasi kami," terangnya.

Pekerjaan sehari-hari Rademan selain mengolah tanah yaitu menoreh karet.

"Dari jam 2 subuh bapak saya udah noreh getah nanti jam 6 pagi saya abang dan kakak ikut ke pengepul getah.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved