Breaking News:

Masalah Pengembalian Simpanan, Puluhan Anggota Koperasi CU Mitra Panca Mengadu ke DPRD Singkawang

"Jika semisalnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan, kami pun menerima, tetapi harus melalui rapat untuk mendiskusikannya," ujarnya.

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rizki Kurnia
Puluhan anggota CU. Mitra Panca berkumpul di ruang rapat Kantor DPRD Kota Singkawang untuk hearing bersama DPRD dan Pemkot Singkawang. Jumat 3 Juni 2022. /Rizki Kurnia 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Puluhan anggota Koperasi CU. Mitra Panca berbondong-bondong mendatangi kantor DPRD Kota Singkawang, Jumat 3 Juni 2022 siang.

Mereka datang bertemu langsung dengan DPRD Singkawang untuk mengadukan persoalan penarikan simpanan yang tengah mereka hadapi di koperasi CU. Mitra Panca.

Kedatangan para anggota CU. Mitra Panca ini diterima langsung Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra dan Herry Kin, serta Komisi II DPRD Singkawang serta Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM, Muslim bersama pejabat Pemerintah lainnya.

Dalam hearing tersebut, seorang anggota CU. Mitra Panca, Tjong Melly menyampaikan, pengurus CU. Mitra Panca sudah menawarkan skema damai terkait penarikan dana anggota tersebut.

Peduli Kemanusiaan, Bhabinkamtibmas Bantu Tangani ODGJ yang Mengamuk dan Bawa ke RSJ Singkawang

Namun, skema yang ditawarkan oleh pengurus CU. Mitra Panca tersebut dinilai para anggota tidak sesuai dan justru merugikan para anggota.

"Skeka damai yang CU tawarkan sama sekali tidak adil, dan hanya menguntungkan sepihak," terang Tjong Melly kepada DPRD dalam hearing, Jumat 3 Juni 2022.

Berdasarkan penuturannya, skema yang ditawarkan CU. Mitra Panca tersebut hanya mengembalikan 75 persen dari total dana simpanan mereka di koperasi.

Sementara 25 persen dana tersebut, disebutkan Tjong Melly, tidak diketahui akan dikemanakan oleh pihak CU. Mitra Panca.

"Yang ingin kami tanyakan, kemana 25 persen dana kami, disumbangkan? atau dikemanakan? kami tidak mengerti," tegasnya.

Sedangkan pihak pengurus CU. Mitra Panca, Melly katakan, tidak menjelaskan dengan rinci alasan pemotongan 25 persen dana anggota tersebut.

"Dari CU tidak bersedia menjelaskan dari mana dan hak siapa untuk memotong 25 persen itu. Ini kan uang kami, tetes keringat kerja keras kami," katanya.

Tidak cuma Melly, anggota CU. Mitra Panca lainnya, Ato menerangkan, para anggota juga mengeluhkan lamanya jangka waktu pengembalian dana anggota tersebut.

Berdasarkan lampiran tawaran skema pengembalian CU. Mitra Panca yang Tribunpontianak peroleh dari Ato, pengembalian simpanan dibawah Rp 25.999.990 akan dikembalikan 75 persennya secara sekaligus oleh CU. Mitra Panca kepada anggota.

Sementara dana simpanan di atasnya, waktu pengembalian dananya ditentukan berdasarkan jumlah simpanan dengan jumlah tertentu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved