BPN Sanggau Launching Layanan Penyerahan Sertifikat di Pintu Gerbang 

Ia mengatakan masyarakat atau pemohon penerima penyerahan sertifikat di pintu gerbang ini sebelumnya sudah diinformasikan lebih dulu melalui surat ata

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Hendri Chornelius
Staf Ahli Bupati Sanggau bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Shofiar Juliansyah didampingi Kepala BPN Kabupaten Sanggau, Komarudin saat menggunting vita dipos layanan ambil sertifikat di Pintu Gerbang Kantor BPN Sanggau, Kalbar, Selasa 31 Mei 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Dalam rangka melaksanakan zona integritas, BPN Kabupaten Sanggau berupaya memperbaiki mutu layanan pertanahan untuk menuju WBK/WBBM. Maka BPN Kabupaten Sanggau melaunching inovasi layanan khususnya layanan penyerahan sertifikat. Kegiatan berlangsung di Kantor BPN Sanggau, Kalbar, Selasa 31 Mei 2022.

Kegiatan dihadiri Bupati Sanggau diwakili Staf Ahli Bupati Sanggau bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Shofiar Juliansyah, Kepala BPN Kabupaten Sanggau, Komarudin, dan undangan lainya. 

"Layanan penyerahan sertifikat ini terdiri dari tiga layanan, dua inovasi dilaksanakan dibeberapa tahun yang lalu. Sedangkan yang satu inovasi sengaja dilaunching pada hari ini,"kata Kepala BPN Kabupaten Sanggau, Komarudin.

Sintang dan Sanggau Diskusikan Rantai Pasok Komoditas Karet Berkelanjutan bersama USAID SEGAR

Dikatakannya, Tiga inovasi layanan yang dimaksud adalah pertama, Ambil Sertifikatmu di Mal Pelayanan Publik (MPP), Tidak Usah Ke Kantor, Kedua Ambil Sertifikatmu Di Pintu Gerbang, Tidak Usah Naik Ke Atas, Ketiga UJU Ater OTW Kami OTW Antar Sertifikatmu. 

"Penyerahan sertifikat di pintu gerbang ini dilaksanakan dengan mempertimbangkan kondisi Kantor BPN yang terletak diatas bukit, Sehingga masyarakat engan naik keatas. Apalagi bagi pejalan kaki, Sehingga dengan menyerahkan sertifikat di Pintu Gerbang pemohon tidak perlu naik ke atas," katanya.

Ia mengatakan masyarakat atau pemohon penerima penyerahan sertifikat di pintu gerbang ini sebelumnya sudah diinformasikan lebih dulu melalui surat atau informasi lainya untuk mengambil sertifikat tersebut.

"Untuk inovasi layanan yang kesatu, sebenarnya sudah ada sebelumnya yaitu layanan yang ada di MPP. Dimana BPN saat ini hanya melayani lima pelayanan saja yaitu Roya, SKPT, Informasi Pertanahan, Pengadaan, dan Konsultasi. Kemudian ditambah lagi satu layanan yang keenam,  yaitu penyerahan sertifikat yang saat ini kami launching sekaligus untuk inovasi ketiga, yaitu penyerahan yang diantar oleh (UJU ATER OTW)," jelasnya.

Lanjutnya, UJU ATER OTW) ini sudah dilaksanakan beberapa tahun yang lalu, yang melayani khusus wakaf, lansia, dan disabilitas.

"Pada kesempatan ini kami melaunching tiga layanan pertanahan yang saling terkait, yakni penyerahan sertifikat di pintu gerbang yang hanya dilaksanakan mulai pukul 09.00 Wib sampai pukul 11.00 Wib," tuturnya.

"Jika tidak diambil maka bisa diambil di MPP pukul 13.00 Wib samapi pukul 15.00 Wib. Namun jika sertifikat tersebut belum juga diambil atau tidak diambil, Besok harinya kami bertanggungjawab mengantar ke alamat pemohon menggunakan UJU ATER OTW," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sanggau diwakili Staf Ahli Bupati Sanggau bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Shofiar Juliansyah mengatakan bahwa Pemkab Sanggau mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada BPN Sanggau yang telah melaunching inovasi pelayanan pertanahan.

"Didalam pelayanan pertanahan ini ada terobosan baru yang dilakukan BPN yang sebelumnya pengambilan sertifikat itu melalui loket di Kantor. Nah ini BPN melakukan terobosan untuk mendekatkan kepada masyarakat dengan melakukan mengambil sertifikat didepan pintu gerbang, tidak perlu ke atas (Kantor)," katanya.

Dikatakannya, Jika sertifikat tersebut belum bisa di ambil di gerbang kantor BPN Sanggau, Pemerintah Daerah melalui Mall Pelayanan Publik (MPP) telah menyediakan tempat. Dan BPN Sanggau berkerjasama dengan Pemda juga melakukan inovasi yakni mengambil sertifikat di MPP. 

"Ini memang atas kerjasama dan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sanggau, Sehingga BPN yang awalnya hanya lima terkait pelayanan di MPP. Ini ditambah satu dengan bisa mengambil sertifikat di MPP," tuturnya.

Kemudian, terobosan yang juga sudah dilaunching yakni Inovasi pelayanan dengan mengantar langsung sertifikat ke tempat pembuat sertifikat

"Kami sangat mendukung, Karena ini merupakan inovasi baru dan langkah terobosan baru, Sehingga pelayanan sertifikat di Sanggau akan menjadi lebih baik lagi kedepannya," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved