Pola Hidup Sehat

Penyebab Gagal Ginjal, Hingga Peringatan Keras dari Dokter Jangan Konsumsi Suplemen ?

Dr. Putu mengatakan, suplemen boleh saja dikonsumsi asalkan sesuai dengan dosis supaya tak menimbulkan masalah

Ia pun mengingatkan supaya mengonsumsi suplemen sesuai dengan aturan yang tertera pada label suplemen, tak berlebihan, dan tak mengonsumsi dalam jangka panjang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Pasien gagal ginjal di Indonesia terbilang cukup signifikan dan banyak.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) dari Kementerian Kesehatan tahun 2013 menunjukkan, bahwa pasien gagal ginjal di Indonesia sebesar 0,2 persen atau sekitar 499.800 orang. Sayangnya, jumlah itu bukannya menurun melainkan justru bertambah.

Laporan Riskesdas tahun 2018 mengungkapkan, penderita gagal ginjal mengalami kenaikan mencapai 0,38 persen atau 713.783 orang.

Dari jumlah tersebut, terdapat pula pasien yang berusia muda. Namun pertanyaannya, mengapa kaum muda juga menderita gagal ginjal?

Dokter spesialis penyakit dalam serta konsultan ginjal hipertensi dari RSA UGM, dr. Putu Kusumarini, menyebut salah satu penyebabnya adalah perilaku mengonsumsi suplemen yang berlebihan.

Baca juga: Efek Samping Minum Es saat Cuaca Panas Bagi Kesehatan Menurut Penjelasan Medis

Memang tak bisa dipungkiri, suplemen saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat luas.

Dr. Putu mengatakan, suplemen boleh saja dikonsumsi asalkan sesuai dengan dosis supaya tak menimbulkan masalah. Sebab bila dikonsumsi melebihi ketentuan, maka menurutnya dapat memicu gagal ginjal.

Ia pun lantas menceritakan pengalamannya saat menangani pasien gagal ginjal yang mengonsumsi suplemen tak sesuai dosisnya.

"Saya pernah menangani pasien yang ingin kulitnya mulus. Ia lalu mengonsumsi suplemen tertentu. Petunjuk konsumsi hanya sekali sehari, tetapi dia minum 2 kali dalam sehari selama tiga tahun. Akhirnya ya gagal ginjal," ungkap dr. Putu seperti dikutip dari laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa 10 Mei 2022.

Ia pun mengingatkan supaya mengonsumsi suplemen sesuai dengan aturan yang tertera pada label suplemen, tak berlebihan, dan tak mengonsumsi dalam jangka panjang.

Menjaga ginjal tetap sehat

Selain menghindari konsumsi suplemen yang berlebih, ada beberapa tips lain lagi untuk menjaga ginjal tetap sehat, di antaranya berikut ini, seperti dikutip dari WebMd.

Kenali Efek Samping Buah Belimbing untuk Ginjal, Selain Bermanfaat Atasi Jantung dan Kanker

1.Mengonsumsi makanan yang sehat

Ginjal memproses semua yang Anda konsumsi, makan dan minum, termasuk apa pun yang buruk seperti lemak dan gula.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved