IDUL FITRI

Arab Saudi Rayakan Idul Fitri Hari Senin 2 Mei 2022

Kepastian itu disampaikan Pengadilan Kerjaan Arab Saudi dilansir dari saudigazette.com, Minggu 1 April 2022.

Editor: Nasaruddin
tribunpontianak/enro
Ilustrasi maaf-maafan di hari raya Idul Fitri. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Arab Saudi akan merayakan Idul Fitri 1443 H pada Senin 2 Mei 2022.

Kepastian itu disampaikan Pengadilan Kerjaan Arab Saudi dilansir dari saudigazette.com, Minggu 1 April 2022.

Keputusan tersebut diambil setelah pihaknya mendapat laporan dari Pengadilan Kerajaan Arab Saudi yang menyataakan pada Minggu 1 April 2022 tidak terlihat hilal sebagai tanda masuk 1 Syawal.

"Mahkamah Agung mengatakan menurut laporan yang diterima dari pengadilan berdasarkan kesaksian dari mereka yang ahli di bidangnya, bahwa bulan Syawal tidak terlihat," tulis pernyataan Pengadilan Kerjaan Arab Saudi dilansir dari saudigazette.com, Minggu.

Bacaan Takbiran Idul Fitri Malam Ini, Takbir Panjang dan Takbir Pendek

"Karena itu, telah diputuskan bahwa Minggu 30/9/1443 H, menurut kalender Umm Al-Qura, bertepatan dengan 1 Mei adalah hari terakhir bulan suci Ramadan dan bahwa Senin 1/10/1443 H, menurut kalender Umm Al-Qura atau 2 Mei adalah hari pertama bulan Syawal atau Idul Fitri,” lanjut pernyataan tersebut.

Sebelumnya, hilal bulan Syawal tidak bisa dilihat dari observatorium Tamir atau dari observatorium Universitas Majmaah di Hautat Sudair pada Sabtu.

Niat Sholat Idul Fitri untuk Makmum dan Imam, Lengkap dengan Tata Cara Shalat Idul Fitri

Begitu juga dalam akun Twitter Haramain Sharifain (hsharifain), Sabtu 30 April 2022 malam mengumumkan pemerintah Arab Saudi tidak melihat hilal pada hari tersebut.

"Bulan Sabit Syawal 1443 tidak terlihat hari ini, selanjutnya Senin, 2 Mei 2022 akan menjadi hari Idul Fitri. Bulan Ramadan 1443 akan berakhir 30 hari besok (hari Minggu ini)," demikian keterangan dari Twitter resmi @hsharifain.

Sementara di Indonesia, penentuan 1 Syawal atau Idul Fitri 1443 H akan diputuskan dalam Sidang Isbat yang digelar hari ini.

Kemenag akan menggelar Sidang Isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI Jakarta.

Melansir laman Kemenag, secara hisab semua sepakat bahwa Sidang Isbat jatuh di hari Minggu (1/5/2022) atau pada 29 Ramadan 1443 H.

Sumber: Tribunnews

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved